Ketika seseorang, atau bahkan Anda sekalipun ingin melakukan jual beli barang dalam jumlah yang besar, tentu harus ada surat pernyataan jual beli sebelumnya. Apa guna surat pernyataan jual beli? Sebagai ajuan secara formalitas yang mana selanjutnya anda atau pihak-pihak lain ingin melakukan transaksi jual beli di kemudian hari.

Dengan melayangkan surat pernyataan jual beli, ini sama saja Anda atau pihak tertentu ingin menekankan adanya pengakuan untuk melakukan jual beli. Ini sebagai tanda secara tertulis bahwa surat pernyataan jual beli ini dibuat dengan maksud memberikan penjelasan untuk suatu hal yang penting.

Dalam pembuatan surat pernyataan jual beli rumah misalnya, surat pernyataan jual beli ini juga mencantumkan beberapa pihak, pihak pembeli, pihak penjual dan ada pihak saksi yang dinyatakan di dalam surat perjanjian nantinya.

Beda surat pernyataan dengan surat perjanjian

Surat pernyataan jual beli jelas berbeda dengan surat perjanjian jual beli. Jika surat pernyataan lebih menekankan pada informasi hendak melakukan jual beli nantinya. Jika surat perjanjian sifatnya lebih sakral di mata hukum, karena melibatkan transaksi dan disaksikan oleh notaris, ditandatangani di atas materai.

Anda dapat melihat contoh surat pernyataan jual beli tanah di internet. Biasanya hanya mencantumkan dua belah pihak untuk selanjutnya dapat melakukan transaksi pembelian dan penjualan tanah. Ketika kedua belah pihak sepakat, yakni satunya menjual dan satunya lagi membeli, maka dibutuhkan surat perjanjian jual beli tanah.

Fungsi surat pernyataan

Ada yang lebih penting dari yang kami sebutkan di paragraf sebelumnya, bahwa surat pernyataan itu sebagai alat bukti perbuatan namun sifatnya dalam hukum adalah perdata. Ada beberapa contoh dilayangkannya surat pernyataan, misalnya saja surat pernyataan kesanggupan, kerja dan beberapa lainnya.

Selain itu, surat pernyataan berfungsi sebagai bentuk deklarasi, yaitu pengakuan dari seseorang atau kelompok. Contohnya, seseorang atau kelompok menyatakan permintaan maaf. Maka diperlukan surat pernyataan permintaan maaf.

Begitu juga dengan jual beli, seseorang atau atas nama perusahaan melayangkan surat pernyataan jual beli terhadap sebuah perusahaan lain sejak awal sebelum benar-benar melakukan pembelian atau penjualan.

Contoh surat pernyataan jual beli personal

Saya yang bertanda tangan di bawah ini

Nama : Komarudin Jalil

NPWP : 1213141566759

NIK: 1135489726

Alamat : Jalan Bangun Tidur, No. 188, Selisih, Tambah, Jawa Selatan.

Dengan ini menyatakan bahwa:

Sebagai pihak pertama ingin membeli sebidang tanah dengan luas 100 m2 (seratus meter persegi) dari tanah Hak Milik/ Saudara Rungsing Sehari yang terletak di Jl. Sawah No. 43, Jakarta.

Demikian surat ini saya buat dengan sebenarnya dan kelengkapan dalam Pengajuan Surat Pernyataan untuk Pajak.

Tambah, 30 Februari 2035

Yang Menyatakan,

Materai 6000,-

Komarudin


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.