Untuk Anda yang pernah membeli rumah, tentunya Anda sudah tidak asing lagi bukan dengan surat jual beli tanah? Ya tentu saja, dalam membeli rumah atau tanah, surat perjanjian jual beli tanah word bukanlah suatu yang bisa disepelekan mengingat surat tersebut nantinya bisa menjadi bukti yang kuat atas kepemilikan tanah Anda.

Oleh karena kepentingan surat perjanjian jual beli tanah word tersebut, maka, dalam proses pembuatan surat atau akta jual beli ini tidak boleh dilakukan secara asal – asalan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan tidak boleh dibiarkan begitu saja. Anda harus memastikannya secara berulang – ulang.

Nah, kira – kira apa saja hal – hal yang harus Anda perhatikan saat Anda sedang mengurus proses pembuatan  yang memiliki 4 cara membuat surat jual beli tanah di Indonesia. Berikut ini adalah pembahasannya, simak ya!

Harga Tanah

Pertama, hal yang perlu Anda perhatikan pada saat pembuatan surat perjanjian jual beli tanah word adalah harga tanah. Harga tanah juga akan termasuk ke dalam cantuman surat jual beli tanah sehingga perlu untuk diperhatikan secara teliti.

Proses Pembayaran

Selanjutnya, dalam pembuatan surat jual beli tanah juga harus memperhatikan bagaimana Anda membayar. Sebab, sebenarnya ada beberapa cara pembayaran yang bisa Anda lakukan. Mulai dari pembayaran tunai, cicilan, atau bisa juga dengan mengikuti proram KPR atau kredit kepemilikan rumah. Nantinya, proses pembayaran ini juga akan tercantum pada surat jual beli.

Uang sebagai Tanda Jadi

Selanjutnya dalam proses pembuatan surat perjanjian jual beli tanah word, diperlukan untuk memperhatikan uang sebagai tanda jadi transaksi Anda. Biasanya hal ini dilakukan sebagai suatu jaminan atau sebagai pemberian kepastian atas proses transaksi yang hendak Anda lakukan. Dengan adanya uang ini, nantinya bisa dijadikan sebagai suatu hal pengikat antara penjual dan pembeli.

Jaminan dan Saksi

Kemudian, dalam pembuatan surat perjanjian jual beli word sesuai dengan aturan Indonesia dibutuhkan jaminan dan saksi. Jaminan dan saksi ini berfungsi sebagai pihak yang memastikan bahwa proses transaksi benar – benar terjadi. Nantinya jaminan dan saksi ini akan ditujukan kepada pihak pertama agar dapat mengukuhkan serta memberikan kepastian atau kejelasan atas tranaksi mereka.

Balik Nama Kepemilikan Tanah / Rumah

Selanjutnya, hal yan perlu Anda perhatikan saat membuat surat perjanjian jual beli tanah word adalah proses balik nama kepemilikan dari tanah tersebut. Nah, dengan melakukan proses balik nama, nantinya akan dilakukan proses pengalihnamaan sertifikat yan mana sifatnya adalah pihak pertama akan membantu proses ini untuk pihak kedua. Nantinya akan tertulis apa kewajiban yang akan ditanggungkan pada pihak kedua.Nah, itu dia beberapa informasi yang perlu Anda perhatikan saat ingin membuat surat perjanjian jual beli tanah sesuai dengan aturan. Semoga bermanfaat ya!


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.