Perusahaan memiliki hak dan kewajiban perusahaan yang perlu diberikan pada karyawannya. Aturan mengenai hal tersebut juga sudah ditetapkan dalam UU Ketenagakerjaan. Dalam artikel ini akan dibahas lebih lanjut mengenai apa saja hak dan kewajiban bagi perusahaan pada pekerjanya.

Aturan Hukum Hak dan Kewajiban Perusahaan

Perusahaan tentunya memiliki hak dan kewajiban perusahaan yang diberikan pada karyawannya ketika bekerja. Hal tersebut sudah tercantum dalam UU Nomor 13 Tahun 2003 mengenai Ketenagakerjaan.

Adanya hak dan kewajiban perusahaan untuk pekerja tersebut sebagai bentuk imbal balik yang adil antara perusahaan yang memberikan pekerjaan dan karyawan yang melakukan pekerjaan.

Hak dan Kewajiban Perusahaan Terhadap Karyawan

1. Hak dalam pemberlakukan pemutusan hubungan kerja

Perusahaan juga memiliki hak untuk melakukan pemutusan hubungan kerja pada karyawan atau buruh jika melanggar ketentuan yang memang sudah disepakati sebelumnya di perjanjian perusahaan. Biasanya kebijakan untuk melakukan PHK tersebut akan dilakukan ketika perusahaan mengalami kendala finansial.

2. Hak untuk memerintah dan mengatur

Perusahaan juga memiliki hak untuk mengatur atau memerintah karyawannya untuk mencapai tujuan dan juga target bisnis perusahaan.

3. Hak atas hasil pekerjaan karyawan

Perusahaan juga memiliki hak atas hasil dari pekerjaan karyawan yang sudah dilakukan. Hak yang dimaksudkan tersebut merupakan hak untuk menggunakannya dengan bijak demi kepentingan perusahaan untuk mencapai tujuan dari perusahaan itu sendiri.

Kewajiban Perusahaan Terhadap Karyawan

Selain memiliki hak yang bisa diberikan pada karyawan, sebuah perusahaan juga memiliki kewajiban yang wajib untuk diberikan pada karyawannya, seperti:

1. Membayarkan gaji

Hak dan kewajiban perusahaan yang pertama adalah untuk memberikan gaji pada karyawannya. Jumlah besarnya gaji tidak boleh kurang dari dari UMP atau UMK. Setidaknya ada 3 komponen mengenai gaji yang bisa Anda jadikan tolak ukur atau acuan besarnya upah yaitu gaji pokok, gaji pokok dengan tunjangan tetap, atau gaji pokok dengan tunjangan tetap dan tidak tetap.

2. Menyediakan jaminan ketenagakerjaan

Selain memberikan kewajiban berupa gaji, perusahaan juga memiliki kewajiban untuk memberikan jaminan ketenagakerjaan. Hal tersebut sudah diatur dalam UU 13/2003.

Biasanya bentuk jaminan yang diberikan adalah jaminan sosial tenaga kerja atau jamsostek yang juga bekerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan.

3. Memberikan waktu istirahat

Perusahaan juga memiliki kewajiban untuk memberikan waktu istirahat pada semua pekerjanya. Hal tersebut seperti yang sudah ada dalam Pasal 79 UU Ketenagakerjaan yang menjelaskan mengenai waktu istirahat paling sedikit setengah jam setelah bekerja selama 4 jam terus menerus.

Selain itu, dalam jangka waktu kurang lebih seminggu penuh, pekerja juga berhak untuk mendapatkan istirahat selama 2 hari jika waktu kerjanya 5 hari dalam satu minggu. Sedangkan untuk jam kerja 6 hari dalam satu minggu wajib diberikan istirahat selama 1 hari dengan jam kerja 7 jam sehari.

4. Menyediakan waktu untuk beribadah

Dalam UU Ketenagakerjaan Pasal 80, perusahaan wajib untuk memberikan waktu yang cukup bagi karyawannya untuk melakukan ibadah sesuai dengan kepercayaannya masing-masing.

Perusahaan juga tidak diperbolehkan memutuskan hubungan kerja karena alasan ibadah yang dilakukan oleh pekerjanya.

Selain hak dan kewajiban dari perusahaan, juga ada hak dan kewajiban karyawan yang perlu diketahui.

Demikian adalah artikel mengenai hak dan kewajiban perusahaan yang perlu diberikan pada karyawan.

Tanyakan Permasalahan Hak dan Kewajiban Perusahaan Pada Justika

Perusahaan memiliki hak dan tanggung jawabnya pada karyawan masing-masing yang ada dalam peraturan perusahaan. Untuk itu, mitra advokat Justika yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun bisa membantu Anda mengatasi kebingungan tersebut melalui beberapa layanan berbayar berikut:

Pembuatan Peraturan Perusahaan

Justika memiliki layanan untuk pembuatan peraturan perusahaan yang juga mencakup hak dan kewajiban perusahaan Hanya mulai dari Rp 8.000.000 saja, Perusahaan Anda sudah memiliki hak dan kewajiban perusahaan yang sesuai dengan aturan hukum yang berlaku, melalui layanan ini.

Anda bisa secara langsung mengisi profil perusahaan disisi kanan untuk mendapatkan proposal peraturan perusahaan dari lawyer yang sudah berpengalaman atau bisa menghubungi Kami melalui chat Whatsapp dibagian kanan untuk informasi lebih lanjut.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.