Contoh surat pernyataan cerai di atas materai menjadi opsi bagi pasangan yang biasanya ingin melewati prosedur perceraian secepatnya. Contoh surat pernyataan cerai di atas materai juga ada kalanya digunakan untuk menunjukkan keseriusan pasangan tersebut dalam bercerai nantinya.

Mengurus perceraian tentu bukan hal yang mudah. Dalam aturan yang berlaku, sah atau tidaknya perceraian diputuskan oleh Pengadilan Agama maupun Pengadilan Negeri.

Sebelum memutuskan untuk bercerai, sebaiknya usahakan terlebih dahulu untuk menjaga keutuhan rumah tangga karena keadaan mungkin tidak akan pernah sama lagi setelahnya. Pertanyaan yang sering muncul adalah sahkah cerai dengan surat pernyataan di atas materai?

Simak penjelasan Justika berikut ini tentang contoh surat pernyataan cerai.

Apa Itu Surat Pernyataan Cerai?

Surat pernyataan cerai adalah surat pernyataan yang dibuat oleh pasangan suami dan istri yang menyatakan kesepakatan kedua belah pihak untuk melaksanakan perceraian.

Adakah Perbedaan Antara Surat Pernyataan Cerai dengan Surat Gugatan Cerai?

Perbedaan mendasar antara surat pernyataan cerai dengan surat gugatan cerai dapat dilihat dari posisi hukumnya.

Surat pernyataan cerai termasuk surat pernyataan yang hanya berlaku dan mengikat pihak-pihak yang terlibat di dalamnya dan bisa dicabut kapanpun juga. Surat pernyataan cerai hanya bisa dikategorikan sebagai akta di bawah tangan dan berlaku selama para pihak mengakui surat pernyataan tersebut sesuai dengan penjelasan pada Pasal 1875 Kitab Undang-undang Hukum Perdata (selanjutnya disingkat KUHPer).

Sedangkan untuk surat gugatan cerai memiliki posisi hukum sebagai syarat administratif berupa surat gugatan yang diajukan kepada pengadilan yang memuat alasan-alasan agar diadakan sidang untuk perceraiannya. Hal tersebut diatur dalam Pasal 14 dan Pasal 20 ayat (1) Peraturan Pemerintah Nomor 9 Tahun 1975 tentang Pelaksanaan Undang-undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan (selanjutnya disingkat PP No. 9/1975).

Surat Pernyataan Cerai di Atas Materai

Dalam prakteknya, surat pernyataan cerai dibubuhi tanda tangan diatas materai. Banyak yang masih salah kaprah bahwa penggunaan materai pada suatu dokumen seperti surat pernyataan telah memiliki kekuatan hukum yang tetap. Padahal, fungsi materai sebatas sebagai pengenaan pajak pada dokumen dan membuat dokumen tersebut terhitung dalam dokumen lalu lintas atau transaksi hukum di Indonesia.

Surat pernyataan cerai diatas materai-pun tidak memiliki kekuatan hukum yang tetap selama tidak disidangkan dan mendapat putusan pengadilan sebagaimana diatur dalam Pasal 39 UU Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan jo Pasal 115 Kompilasi Hukum Islam (KHI).

Format Penulisan Surat Pernyataan Cerai di Atas Materai

Berikut format penulisan surat pernyataan cerai yang dapat Anda jadikan sebagai referensi dalam membuat surat pernyataan cerai:

Wajib Mencantumkan Judul Surat

Pencantuman judul surat haruslah jelas dan mudah dimengerti oleh para pihak yang terlibat dalam surat pernyataan tersebut.

Identitas Pihak Pertama

Pihak pertama mencantumkan identitas selengkap-lengkapnya. Identitas tersebut memuat nama, tempat dan tanggal lahir, pekerjaan, agama, dan alamat.

Identitas Pihak Kedua

Sama halnya dengan identitas pihak pertama, pihak kedua juga wajib mencantumkan identitas yang lengkap dan jelas seperti nama, tempat dan tanggal lahir, pekerjaan, agama, dan alamat.

Menjabarkan Maksud dan Tujuan Surat dalam Isi Surat

Isi pada surat pernyataan cerai patut menjabarkan maksud dan tujuan dibuatnya surat pernyataan cerai tersebut dengan kalimat yang ringkas dan mudah dipahami oleh para pihak.

Penutup

Sebelum mengakhiri surat pernyataan cerai, surat tersebut diakhiri dengan kalimat penutup yang menegaskan kembali mengenai isi dan tujuan surat tersebut.

Tanda Tangan Saksi Jika Terdapat Saksi Perceraian

Karena surat pernyataan cerai merupakan salah satu bentuk perjanjian di bawah tangan, maka dibutuhkan saksi untuk pembuktian dalam memperkuat posisi surat pernyataan cerai tersebut.

Materai

Dalam artikel yang berjudul “Apa sih fungsi materai itu?” menjelaskan bahwa materai pada surat pernyataan atau perjanjian memberikan nilai hukum pada dokumen tersebut dan dapat digunakan sebagai alat bukti di pengadilan.

Jika Anda berencana menjadikan surat pernyataan cerai Anda sebagai dokumen pendukung pada sidang perceraian Anda, sebaiknya Anda tidak lupa mencantumkan materai.

Cara Membuat Surat Pernyataan Cerai di Atas Materai

Cara membuat surat pernyataan cerai diatas materai patut memperhatikan poin-poin yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa surat pernyataan cerai harus memuat judul, identitas para pihak, isi surat yang memuat maksud dan tujuan, penutup, tanda tangan saksi dan juga tidak lupa pemberian materai pada surat.

Dalam Pasal 7 ayat (5) Undang-Undang Nomor 13 Tahun 1985 tentang Bea Meterai menjelaskan bahwa tanda tangan yang diberikan di atas materai juga diikuti dengan penulisan tanggal, bulan, serta tahun dengan pembubuhan tanda tangan sebagian di atas kertas dan sebagiannya di atas materai.

Apakah Surat Pernyataan Cerai di Atas Materai Memiliki Kekuatan Hukum?

Dalam Yurisprudensi Mahkamah Agung Nomor 3901 K/Pdt/1985 menjelaskan bahwa “surat pernyataan yang merupakan pernyataan belaka dari orang-orang yang memberi pernyataan tanpa diperiksa di persidangan, tidak mempunyai kekuatan pembuktian apa-apa.”

Materai pada surat pernyataan cerai juga tidak mempengaruhi kekuatan hukum pada surat pernyataan karena materai sebatas memiliki fungsi sebagai pengenaan pajak pada suatu dokumen.

Contoh Surat Pernyataan Cerai  di Atas Materai

Berikut contoh surat pernyataan cerai di atas materai:

Itulah penjelasan mengenai contoh surat pernyataan cerai di atas materai dari Justika. Anda perlu memahami surat pernyataan cerai beserta formatnya agar tidak terjadi kesalahan di kemudian hari.

Konsultasikan Permasalahan Cerai Pada Justika

Untuk beberapa orang, cerai adalah solusi untuk permasalahan rumah tangga yang sudah tidak bisa dipertahankan. Namun terkadang dalam proses cerai juga bisa timbul beberapa masalah atau kebingungan yang lainnya. Untuk itu, Justika memiliki solusi untuk masalah atau kebingungan Anda terkait perceraian melalui laman ini.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.