Contoh Surat Jawaban Gugatan Cerai – Dalam hal perceraian yang dilakukan oleh pasangan, sejatinya akan melalui proses persidangan sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku di Indonesia. Perceraian atas satu pernikahan warga negara Indonesia harus diputuskan oleh Pengadilan Agama di Indonesia hal ini sesuai dengan ketentuan Undang-Undang No.7 Tahun 1989.

Untuk mendapatkan putusan Pengadilan Agama, seorang penggugat harus membuat surat gugatan cerai yang dilayangkan kepada tergugat. Hal ini sangat penting diketahui oleh pasangan yang ingin bercerai dengan melihat contoh surat gugatan cerai.

Untuk pasangan yang berbeda kewarganegaraan dan penggugat cerai berada di luar negeri, atau dapat dikatakan bahwa salah satu pasangan berada di luar negeri gugatan dapat diajukan ke Pengadilan daerah sesuai hukum melangsungkan pernikahannya.

Contoh Surat Jawaban Gugatan Cerai

Dalam hal pembuatan surat jawaban gugatan cerai tentu tergugat dapat membuat sendiri atau dibantu oleh kuasa hukum. Adapun contoh surat jawaban gugatan cerai sederhana dapat Anda pelajari berikut ini:

JAWABAN TERGUGAT

Nomor : (diisi sesuai dengan ketentuan Pengadilan)

Jakarta, 09 Desember 2021

Perihal             :  Jawaban Tergugat

Antara :

(Nama Penggugat) ……………………………….. Penggugat

Melawan

(Nama Tergugat) ……………….…………… Tergugat

Kepada Yth,

Ketua Majelis Hakim dalam perkara

Nomor : (Sesuai Dengan Ketentuan).

Pengadilan Agama

Di-

Jakarta,

Assalamu’alaikum Wr. Wb

Yang bertanda tangan di bawah ini kami:

Contoh surat jawaban gugatan cerai pada bagian pertama dapat ditulis berdasarkan kesepakatan antara tergugat dengan kuasa hukum jika ada.

(Nama Kuasa Hukum) Advokat dan Konsultan Hukum yang berkantor di Jalan Mangga 4 No. 22, berdasarkan surat kuasa khusus tertanggal tanggal 09 Desember 2021 (terlampir), bertindak untuk dan atas nama Tergugat :

Nama               : (Nama Tergugat)

Agama             : Islam

Umur               : xx tahun

Pekerjaan         : wiraswasta

Alamat           : Sesuai dengan alamat tergugat

Dengan ini perkenankan Tergugat menyampaikan jawaban atas Gugatan Cerai tertanggal 05 Desember 2021 yang pada pokoknya adalah sebagai berikut:

Berikut poin-poin daripada contoh surat jawaban gugatan cerai yang dapat Anda pelajari, dan pada praktiknya poin-poin dari jawaban tergugat akan ditulis sesuai dengan jawaban yang harus disampaikan kepada penggugat.

1.      Bahwa, tergugat menolak dalil-dalil yang dilayangkan penggugat seluruhnya, kecuali yang secara tegas diakui;

2.      Bahwa benar, Penggugat dan Tergugat adalah suami istri yang sah, yang tercatat di Kantor Urusan Agama ( KUA ) (Sesuai Domisili Pasangan Menikah) berdasarkan Akta Nikah No. (…..);

3.      Bahwa benar, pada awal masa perkawinan, Penggugat dan Tergugat telah tinggal bersama-sama, dan telah dikaruniai anak laki-laki yang bernama (…..)

4.      Bahwa benar, sejak kurang lebih 5 (lima) tahun terakhir  di antara Penggugat dan Tergugat telah sering terjadi perselisihan

5.      (…………….) dst.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Hormat Kami,

Kuasa Hukum Tergugat

(………………………………..)

Dalam pembuatan atau contoh surat jawaban gugatan cerai tersebut, tergugat bersama kuasa hukum wajib memberikan pernyataan tentang gugatan yang dilayangkan penggugatan. Tujuan daripada diterbitkannya surat jawaban gugatan cerai tersebut semata-mata untuk memberikan keterangan kepada Pengadilan.

Sesuai dengan contoh surat jawaban gugatan cerai diatas maka tergugat memberikan kuasa kepada kuasa hukum untuk mewakili kasus perceraiannya, dan bagaimana kalau penggugat tidak hadir dalam sidang perceraian? Jika harus lanjut ke sidang perceraian, maka penggugat diwajibkan hadir jika tanpa kuasa hukum.

Tanyakan Pada Justika Mengenai Contoh Surat Jawaban Gugatan Cerai

Perlu ada jawaban setelah Anda menerima surat gugatan cerai. Untuk itu, mitra advokat Justika yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun siap membantu kebingungan Anda untuk menjawab surat gugatan cerai. Anda bisa berkonsultasi melalui beberapa layanan berbayar berikut:

Layanan Konsultasi Chat

Anda bisa mendapatkan layanan konsultasi hukum secara mudah dan dengan harga terjangkau hanya dengan Rp 30.000 saja. Kunjungi laman ini, lalu ketik permasalahan hukum yang ingin ditanyakan di kolom chat. Selanjutnya, lakukan pembayaran sesuai dengan instruksi yang tersedia. Dalam waktu singkat, sistem secara otomatis akan mencarikan konsultan hukum yang sesuai dengan permasalahan Anda.


Layanan Konsultasi via Telepon

Jika diperlukan tindakan yang tidak dapat diakomodasi melalui fitur chat, Anda bisa memanfaatkan layanan konsultasi via telepon dari Justika. Melalui layanan ini, Anda dapat berbicara dengan Mitra Konsultan Hukum secara mudah dan efektif melalui telepon selama 30 dengan harga Rp 350.000 atau Rp 560.000 selama 60 menit (sesuai pilihan Anda), untuk berdiskusi lebih detail mengenai permasalahan hukum yang dialami.

Layanan Konsultasi Tatap Muka

Anda pun dapat berdiskusi dan berkonsultasi secara langsung dengan para Mitra Advokat Justika lewat layanan Konsultasi Tatap Muka. Diskusi akan berlangsung selama 2 jam hanya dengan Rp 2.200.000 (dapat lebih apabila Mitra Advokat bersedia). Selama pertemuan, Anda dapat bercerita, mengajukan pertanyaan secara lebih bebas dan mendalam, termasuk menunjukan dokumen-dokumen yang relevan.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.