Salah satu perihal penting dalam sebuah perceraian adalah cara pembagian harta gono gini rumah KPR. Hal ini karena kekayaan bersama bukan hanya dalam bentuk hal dan piutang, namun juga kewajiban kredit.

Pembagian harta gono gini aset kredit perlu diselesaikan untuk menghindari konflik yang bisa saja terjadi di kemudian hari. Meskipun umumnya dibagi secara merata, namun hakim juga dapat memutuskan pembagian tersebut sesuai dengan kondisi kedua belah pihak.

Utang yang terjadi selama berlangsungnya perkawinan dihitung dalam kerugian bersama, termasuk rumah KPR. Hal tersebut telah tercantum dalam kitab undang-undang hukum perdata pasal 163. 

Dengan adanya penyelesaian pembagian ini, nantinya kedua belah pihak yang telah berpisah sudah tidak memiliki hak untuk menuntut atau memberikan beban tanggungan terhadap pihak lain. Setiap pihak nantinya akan memiliki kewajibannya masing-masing.

Pengertian Harta Gono Gini Rumah KPR

Sebelum memasuki pembahasan mengenai cara pembagian harta gono gini rumah KPR, ada baiknya memahami mengenai pengertian rumah KPR itu sendiri. Dengan demikian, penyelesaian masalah akan lebih mudah.

Kredit kepemilikan rumah merupakan sebuah fasilitas angsuran oleh perbankan pada nasabah yang dapat digunakan untuk membeli maupun memperbaiki hunian. Pelayanan ini sendiri telah dikembangkan pertama kali oleh Bank Tabungan Negara atau BTN.

Dengan layanan ini, nasabah hanya perlu menyediakan uang muka sementara sisanya diangsur tiap bulannya dalam jangka waktu tertentu. Laman resmi OJK merangkum bahwa terdapat dua jenis kredit di Indonesia yaitu subsidi dan non subsidi.

Jenis subsidi merupakan layanan yang ditujukan kepada masyarakat menengah ke bawah sehingga dapat memenuhi kebutuhan hunian maupun melakukan perbaikan. Subsidi akan meringankan angsuran dan diatur sendiri oleh pemerintah.

Karena telah diatur pemerintah, tidak semua orang dapat mengajukan jenis ini dan terdapat batasan-batasan tertentu. Biasanya dilihat dari penghasilan dari pemohon maupun maksimum pemberian angsuran.

Sementara jenis non subsidi dapat diajukan oleh setiap lapisan masyarakat tanpa adanya batasan tertentu. Penentuan besar angsuran dan suku bunga akan sesuai dengan kebijakan dari bank bersangkutan.

Tidak sedikit pasangan yang memutuskan untuk bercerai masih memiliki tanggungan membayar cicilan tersebut dalam jangka waktu tertentu. Sisa dari kewajiban akan dibayar oleh kedua belah pihak sesuai kesepakatan.

Jumlah tanggungan menjadi harta bersama, sehingga akan dibicarakan dalam proses perceraian. Hal tersebut juga berlaku dan akan dibagi secara adil meskipun selama perkawinan hanya satu pihak saja yang membayar angsuran.

Cara membagi harta gono gini ini juga telah tercantum dalam KHI. Disebutkan bahwa selama tidak ada perjanjian dalam perkawinan, maka harta bersama termasuk kredit dan utang dibagi pada kedua belah pihak jika terjadi perceraian. 

Dengan mengetahui perihal tersebut, maka cara mengurus harta gono gini termasuk kewajiban utang dapat dilakukan dengan mudah. Penyelesaian mengenai pembagian pada kedua belah pihak dapat dilakukan tanpa harus menimbulkan konflik.

Cara Pembagian Harta Gono Gini Rumah KPR

Cara membagi harta gono gini ini biasanya dapat dilakukan dengan damai dengan cara memberikan kompensasi untuk mendapatkan hak kepemilikan dari hunian. Cara tersebut harus di hadapan notaris sehingga sah di mata hukum.

Meski demikian, terdapat juga beberapa pasangan suami istri yang menginginkan kepemilikan rumah dan tidak dapat menyelesaikannya dengan cara damai. Dengan begitu, satu-satunya cara yang harus dilakukan adalah dengan pengadilan.

Terdapat beberapa kemungkinan putusan hakim jika membawa perkara ini ke pengadilan. Setidaknya ada kemungkinan seperti berikut.

1. Pembagian ½ Bagian

Hakim bisa memutuskan untuk membagi ½ bagian untuk pihak mantan suami maupun istri dalam membayar sisa kredit. Kesepakatan ini juga bisa tergantung kondisi serta kesepakatan kedua belah pihak.

2. Over Credit

Kemungkinan kedua adalah dengan over kredit untuk pihak ketiga yang nantinya menjadi harta bersama pengganti dari aset sebelumnya. Hasil dari penjualan over kredit ini dapat dibagi kepada dua belah pihak secara adil.

Perceraian dapat terjadi ketika kewajiban untuk membayar cicilan masih tersisa sehingga berkemungkinan menimbulkan konflik. Untuk itulah terdapat cara pembagian harta gono gini rumah KPR untuk mengatasi hal tersebut.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.