Langkah atau cara mengurus surat cerai tanpa buku nikah masih belum banyak dipahami masyarakat. Terlebih karena mereka sering menjaga surat tersebut dengan baik. Tapi jika hilang, berpotensi mengganggu gugatan pengadilan.

Sebenarnya masalah yang terjadi saat ini bukan hanya sekedar hilang. Melainkan bisa saja ditahan oleh pihak suami maupun istrinya. Sering juga terdapat masalah di mana buku kawin ditahan pihak lain.

Harus diketahui kalau dokumen buku nikah tersebut akan selalu diminta oleh pihak Kantor Urusan Agama (KUA) untuk mengurus surat cerai. Terlebih berkaitan dengan proses gugatan perceraian. Apalagi tergolong sebagai berkas resmi dan sah.

Orang juga sering menanyakan masalah serupa seperti bisakah suami menikah lagi tanpa surat cerai. Tentu untuk mengurus buku kawin hilang masih bisa. Tapi caranya dengan membuat suatu dokumen pengganti.

Untuk dokumen pengganti yang dimaksud disini adalah Register Kutipan Akta Nikah. Sering juga disebut sebagai Duplikat Akta Nikah yang tidak bisa langsung diambil. Melainkan wajib menjalani beberapa proses dulu.

Jika Anda ingin melakukannya, KUA akan menjadi tujuan utama. Tapi umumnya hal ini dilakukan oleh Anda yang beragama Islam. Jika beragama lain atau non muslim, maka dapat mengunjungi Catatan Sipil.

Panduan Cara mengurus Surat Cerai Tanpa Buku Nikah Terbaru

Bila Anda belum berpengalaman membuatnya, pastinya tidak menjalankan prosedur salah. Apalagi karena melakukan proses permohonan tidak sesulit yang kita bayangkan. Pastinya menyiapkan dokumen dan menuju tempat yang tepat.

1. Membuat Dokumen Pengganti

Pertama, cara untuk mengurus surat cerai tanpa bukuh nikah disini kita perlu membuat dokumen pengganti berupa Duplikat Akta Nikah. Seperti kita ketahui tidak boleh ada pengganti selain itu. Jadi, Anda harus bersabar meski ingin segera melaksanakan sidang perceraian.

Sebenarnya hal ini untuk menghindari masalah hukum istri menikah lagi tanpa surat cerai. Begitu juga para suami yang sering melakukan hal serupa. Kita dapat menghindari gugatan hukum yang tidak seharusnya.

2. Menyiapkan Dokumen Pembuatan

Disini kita perlu menyiapkan dokumen pembuatan untuk proses permohonan Register Kutipan Akta Nikah. Misalnya pertama adalah membawa Kartu Identitas Anda. Boleh langsung pakai KTP ataupun memakai Passport.

Bagi Anda yang merupakan non muslim, maka bisa memakai KK sebagai dokumen tambahan. Tidak ketinggalan buku nikah, meskipun rusak nantinya bisa diganti. Bawa juga fotocopy buku nikah Anda untuk berkasnya.

Misalnya tidak rusak melainkan hilang, maka perlu membuat surat kehilangan. Tidak lain dengan mengurusnya lewat kantor kepolisian. Lalu dengan membawa beragam data perkawinan seperti tanggal dan tahunnya.

3. Proses Pembuatan

Untuk cara mengurus surat cerai tanpa buku nikah selanjutnya yaitu dengan proses pembuatan. Proses pembuatan yang dilakukan biasanya tidak butuh waktu lama. Melainkan Anda hanya perlu menunggu sekitar 1 minggu.

Tapi sebenarnya 1 minggu adalah waktu rata-rata yang dialami oleh semua pemohon. Jadi, tidak menutup kemungkinan untuk 1 hari saja sudah jadi. Tergantung dengan seberapa banyak pemohon lain ikutan.

Keramaian di mana KUA atau Capil daerah Anda juga berpengaruh terhadap kecepatan pembuatan. Bila sedang sangat sepi, tidak menutup kemungkinan diperoleh hari itu juga. Jadi, bisa langsung digunakan untuk kebutuhan.

4. Gugatan

Bila sudah memiliki Duplikat Akta Nikah, Anda bisa langsung melakukan gugatan untuk mengurus surat cerai tanpa buku nikah. Tentu dengan mengunjungi Kantor Capil atau KUA wilayah Anda. Tidak lain dengan cara membuat surat permohonan perceraian.

Dalam membuat permohonan cerai, Anda juga perlu menambah data KTP atau Passport. Nantinya data tersebut dapat diberikan pada petugas. Pastikan untuk menjalankan proses dengan baik tanpa ada hukum ketinggalan.

5. Jika Tidak Terdaftar KUA

Saat ini memang sering muncul pertanyaan jika pernikahan ternyata tidak terdaftar KUA. Baik berupa tanggal maupun data suami dan istri. Sayangnya bila tidak terdaftar, Anda tidak bisa meminta berkas ini.

Tapi bila Anda serang muslim, maka bisa meminta pengajuan permohonan Isbat Nikah. Disebut juga sebagai pengesahan Nikah dan diperoleh lewat Pengadilan Agama. Disini artinya pernikahan tidak melewati hukum positif.

Harus diketahui kalau Anda ingin mencoba cara menikah lagi tanpa akta cerai, mungkin bisa lebih rumit. Jadi, disarankan untuk mengurus dokumen ini dengan baik. Akhirnya terbukti kalau memang sudah bercerai.
Bila terdapat masalah atau ganjalan, Anda bisa menyelesaikan langsung lewat pengadilan. Tentu dengan dampingan advokat sehingga lebih jelas. Nantinya mereka juga membantu cara mengurus surat cerai tanpa buku nikah.

Permasalahan Surat Cerai Meski Tanpa Buku Nikah Terselesaikan Dengan Bantuan Justika!

Perceraian menjadi solusi terakhir ketika seseorang sudah tidak bisa lagi mempertahankan rumah tangganya. Ada banyak latar belakang juga yang menyebabkan terjadinya perceraian. Hal ini juga berlaku untuk pernikahan siri. Untuk Anda yang sedang dalam situasi yang sama, kunjungi laman ini guna mendapatkan berbagai macam penyelesaian dari advokat terpercaya untuk kasus perceraian.

Ketika sudah ada kata-kata talak yang keluar, maka sang suami juga bisa langsung membuat surat gugatan cerai. Agar Anda bisa lebih mudah dalam proses pembuatannya, Justika memiliki layanan berupa pembuatan surat gugatan cerai yang cukup terjangkau mulai dari Rp 1.500.000 saja.

Dengan menggunakan layanan pembuatan surat gugatan cerai melalui Justika, Anda bisa lebih mudah mendapatkan surat gugatan cerai tanpa bingung ketika mengurusnya sendiri.

Empat langkah mudah menggunakan layanan pembuatan surat gugatan cerai di Justika sebagai berikut:

  1. Buka layanan Pembuatan Surat Gugatan Cerai dari web brower Anda
  2. Klik tombol “Pesan Dokumen”
  3. Anda akan diarahkan menuju Whatsapp dan Admin kami akan membantu Anda untuk proses selanjutnya
  4. Setelah proses administrasi selesai, Mitra Advokat Justika akan mulai membantu pembuatan surat gugatan cerai Anda

Konsultasikan Dahulu Jika Belum Yakin

Anda bisa berkonsultasi dengan advokat terpercaya yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun dengan seleksi yang ketat di Justika guna mendapatkan solusi atas permasalahan Anda. Manfaatkan 3 layanan berbayar dari Justika, yakni Konsultasi via chat, konsultasi via telepon hingga konsultasi via tatap muka.

Konsultasi via Chat

Kini, konsultasi chat dengan advokat berpengalaman hanya mulai dari Rp 30.000 saja. Dengan harga tersebut Anda sudah bisa mendapatkan solusi permasalahan hukum Anda dengan cara menceritakan permasalahan yang dihadapi melalui kolom chat. Nantinya sistem akan mencari advokat guna membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Konsultasi via Telepon

Untuk permasalahan yang membutuhkan solusi lebih lanjut, Anda bisa memanfaatkan layanan konsultasi telepon mulai dari Rp 350.000 selama 30 menit atau Rp 560.000 selama 60 menit.

Konsultasi via Tatap Muka

Konsultasi tatap muka bisa dilakukan ketika Anda benar-benar membutuhkan saran secara langsung dari advokat terpercaya untuk kasus yang lebih rumit. Hanya dengan Rp 2.200.000 saja, Anda sudah bisa bertemu secara langsung selama 2 jam untuk bertanya lebih dalam hingga menunjukkan dokumen-dokumen yang relevan untuk membantu permasalahan Anda.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.