Cara mengecek akta cerai online ternyata menjadi hal yang paling dicari oleh sebagian pasangan yang sudah bercerai. Seperti yang sudah diketahui pernikahan memang bukan sebuah tujuan akhir untuk seorang pasangan, di balik itu banyak rintangan dan hambatan yang datang secara bergantian. Hal ini jika tidak disertai keyakinan dari kedua belah pihak, tentu saja perceraian akan menjadi jalan terakhir untuk pasangan tersebut.

Faktanya proses perceraian memakan waktu yang cukup panjang, sehingga membuat sebagian orang memilih mencari solusi cepat. Perceraian yang dilakukan diluar Pengadilan Agama memang memudahkan, namun banyak keraguan terhadap keaslian akta cerai tersebut.

Berikut beberapa langkah cara mengecek keaslian akta cerai yang sesuai dengan kekuatan hukum formal.

  • Untuk mendapatkan surat cerai asli Anda tentunya mengikuti sidang di Pengadilan Agama setempat, jika sama sekali tidak pernah mengikuti sidang bisa diragukan keaslian surat cerai tersebut.
  • Pengambilan akta cerai dari pengadilan perlu dipastikan langsung oleh Anda sendiri, maupun memberikan surat kuasa untuk pengambilan akta cerai.
  • Proses perceraian memakan waktu yang cukup panjang, hal ini berdampak pada proses memperoleh akta cerai. Jika Anda mendapatkan akta cerai secara singkat kemungkinan akta cerai tersebut tidak asli.
  • Biaya untuk memperoleh akta cerai jika Anda dapatkan di Pengadilan Agama tidak akan terlalu mahal dan murah, ketika Anda harus membayar biaya yang tidak normal maka perlu di curigai.

Cara Mengecek Akta Cerai Online Melalui Situs SIPP

Pemerintah saat ini telah memberikan kemudahan untuk Anda yang ingin melihat akta cerai online, dengan menyediakan sistem informasi yang sangat mudah di akses. Melalui situs Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) PA sesuai dengan daerah masing-masing, yang bisa Anda cari melalui search engine Google atau langsung mengunjungi laman resminya.

Cara Cek Akta Cerai Online Melalui Website Putusan Mahkamah Agung

Cara mengecek akta cerai online selanjutnya, dapat melalui website resmi Mahkamah Agung (MA) dengan mengunjungi laman putusan3.mahkamahagung.go.id. Dalam website resmi Mahkamah Agung data seluruh kasus dari semua jenis peradilan dapat ditampilkan.

Anda dapat mencari berdasarkan nomor putusan, kemudian ceklis klasifikasi perceraian, tahun, dan nama Pengadilan Agama yang mengeluarkan akta cerai Anda. Pada website ini nama penggugat dan tergugat dapat ditampilkan.

Melalui Situs Badilag Mahkamah Agung

Opsi lain cara mengecek akta cerai online yaitu melalui situs Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama (Badilag) Mahkamah Agung. Anda cukup memilih Pengadilan Agama yang mengeluarkan akta cerai, memasukan nomor perkara dan nomor akta cerai.

Menghubungi Langsung Pihak Pengadilan Agama

Jika Anda masih memiliki keraguan dalam cek akta cerai online, Anda dapat menghubungi langsung pihak Pengadilan Agama yang mengeluarkan akta cerai tersebut. Dengan demikian pihak Pengadilan Agama akan membantu Anda dengan cara mengecek keaslian akta cerai tersebut.

Demikian penjelasan singkat mengenai cara mengecek akta cerai online, informasi ini semoga bermanfaat untuk Anda.

Baca Juga:

Mengurus Akta Cerai Secara Online di Justika

konsultasi proses perceraian

Mengurus akta cerai memang memerlukan bantuan hukum yang tepat. Untuk itu, ada baiknya anda menggunakan layanan hukum profesional Justika.

Konsultasi Chat

Kini, konsultasi chat dengan advokat berpengalaman hanya mulai dari Rp 30.000 saja. Dengan harga tersebut Anda sudah bisa mendapatkan solusi permasalahan hukum Anda dengan cara menceritakan permasalahan yang dihadapi melalui kolom chat. Nantinya sistem akan mencari advokat guna membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Konsultasi Via Telepon

Untuk permasalahan yang membutuhkan solusi lebih lanjut, Anda bisa memanfaatkan layanan konsultasi telepon mulai dari Rp 350.000 selama 30 menit atau Rp 560.000 selama 60 menit.

Konsultasi Tatap Muka

Konsultasi tatap muka bisa dilakukan ketika Anda benar-benar membutuhkan saran secara langsung dari advokat terpercaya untuk kasus yang lebih rumit. Hanya dengan Rp 2.200.000 saja, Anda sudah bisa bertemu secara langsung selama 2 jam untuk bertanya lebih dalam hingga menunjukkan dokumen-dokumen yang relevan untuk membantu permasalahan Anda.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.