Pengetahuan bisakah suami menikah lagi tanpa surat cerai dilakukan oleh pria yang ingin berpisah dengan istri lamanya. Tapi sayang berkas bukti perceraian belum keluar. Untuk lebih buruknya tidak dapat melengkapinya.

Tentu saja bisa menjadi permasalahan terhadap pihak pasangan yang ingin dinikahi. Bisa menganggap kalau tidak serius sudah cerai dengan istri lamanya. Mungkin saja malah harus berpisah dengan kekasih barunya.

Untuk mengatasinya, Anda bisa datang langsung menuju pengadilan. Tentu agar bisa memperoleh petunjuk seperti apa prosedur yang harus dilakukan. Termasuk bila ada gangguan secara hukum dari pihak seperti mantan pasangan.

Tapi bila ditambah dengan cara mengurus surat cerai tanpa buku nikah, mungkin akan bertambah sulit. Pastikan jika berkas perceraian sudah diproses. Hasilnya tidak perlu lagi untuk membuat kembali berkasnya.

Jika memang masih dibuat, harus bersabar untuk mendapatkannya. Terlebih agar tidak masih berstatus sebagai suami orang saat ingin mempersunting kekasih. Nantinya malah bisa muncul gunjingan atau perkataan buruk.

Disini Anda bisa memakai hukum perdata yang dirancang pihak terkait. Tentunya bisa juga berasal dari Kantor Urusan Agama. Bisa juga Capil untuk non muslim dan bisa digunakan masyarakat seluruh Indonesia.

Hukum Utama Bisakah Suami Menikah Lagi Tanpa Surat Cerai

Bila ada seorang pria belum memiliki akta cerai tapi ingin segera menikah, tentu tidak dilarang oleh pengadilan. Baik antara Pengadilan Agama maupun Pengadilan Negeri. Tujuannya untuk mengurus surat poligami disana.

Nantinya untuk membuat surat seperti ini, tetap harus mengikuti Pasal 4 ayat 2 UU Perkawian. Ada beberapa syarat penting seperti keadaan istri. Misalnya sang istri sudah tidak bisa menjalankan kewajibannya.

Termasuk apabila dia memiliki suatu cacat pada badan atau penyakit. Tentu penyakit tersebut merupakan tipe yang sulit disembuhkan. Keadaan lainnya yang dapat digunakan yaitu istri ternyata tidak bisa hamil.

Sekarang untuk syarat poligami juga telah dibuat lebih sederhana bagi masyarakat. Tidak lain terdapat dalam Pasal 5 UU Perkawinan. Ternyata dapat membuat surat poligami hanya dengan persetujuan suami atau istri.

Selain itu sang suami harus memiliki jaminan dapat memberi keperluan hidup bagi setiap istrinya. Bukan hanya itu, tapi mampu membayar kebutuhan anak-anak. Misalnya untuk makan, sekolah dan kebutuhan sekunder lainnya.

Syarat lainnya yang telah diberikan yaitu jaminan suami untuk memberi perlakuan adil. Baik antara istri pertama maupun kedua begitu juga dengan anak-anaknya. Tidak boleh membedakan perlakuan sehingga diperbolehkan.

Mungkin akan berbeda lagi jika yang diurus hukum istri menikah lagi tanpa surat cerai. Terlebih antara pihak pria dan wanita tidak dapat disamakan. Perlu ada tambahan hukum karena perbedaannya jelas.

Hukum Tambahan Jika Suami Ingin Menikah Tanpa Perceraian

Untuk bisakah suami menikah lagi tanpa surat cerai, tentu sangat bisa. Tapi istri barunya ini tidak ingin memiliki sebutan sebagai istri kedua. Karena saat sudah menikah, maka posisinya memang kedua.

Untuk mengatasi hal semacam ini, maka satu-satunya hal yang dapat dilakukan dengan cara menunggu. Anda harus menunggu sampai berkas perceraian tersebut jadi. Artinya pria perlu menunggu status duda.

Harus diketahui kalau kekuatan hukum sangat kuat pada hubungan suami istri. Jika sudah muncul akta cerai, artinya tidak lagi memiliki ikatan. Suami akan menjadi duda lalu pihak istrinya adalah janda.

Bila sudah resmi berpisah, artinya tidak perlu lagi untuk ada istilah poligami. Istri baru juga tidak akan terbebani dengan sebutan sebagai istri kedua. Sudah menjadi satu-satunya belahan hati suaminya.

Memang setelah melihat penjelasan tersebut, cara menikah lagi tanpa akta cerai artinya bisa diperbolehkan. Tapi pihak istri juga harus dilihat lebih detail. Misalnya memiliki syarat melakukan proses poligami.

Kemudian setelah akta cerai muncul, artinya tidak lagi melakukan poligami. Melainkan sudah murni hanya memiliki satu istri kembali seperti awalnya. Jadi, tidak akan menjadi masalah berarti setelah Anda memilikinya.

Pastikan untuk tidak melakukan kesalahan dalam memberi dokumen atau berkas penunjang. Hindari juga untuk melakukan kecurangan seperti bercerai secara tidak adil. Mantan istri tidak boleh tersiksa atas keputusan tersebut.
Pastikan untuk selalu mengikuti aturan dan hukum yang berlaku. Apalagi jika sembarangan, bisa terkena gugatan secara hukum dari pihak istri. Walau sudah paham bisakah suami menikah lagi tanpa surat cerai.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.