Anda ingin meminjam pinjaman online? Sebelum anda melakukannya, penting sekali untuk mengetahui resiko tidak bayar pinjaman online. Hal ini untuk menyiapkan diri anda, jika sewaktu-waktu mengalami kendala dalam pembayaran. 

Sebelum mengajukan pinjaman online, anda harus melakukan perencanaan mengenai cara pembayaran. Pastikan gaji anda cukup untuk membayar pinjaman anda setiap bulannya. Hal ini untuk menghindari kredit macet.

Beberapa resiko yang bisa anda dapatkan jika tidak membayar pinjaman online resmi, sebagai berikut:

1. Denda dan Bunga Pinjaman Terus Bertambah

Resiko pertama yang bisa anda dapatkan jika tidak membayar pinjaman online adalah semakin bertambahnya jumlah bunga yang perlu anda bayarkan. Hal ini akan semakin memberatkan anda karena semakin banyak uang yang harus anda bayarkan.

Selain bunga yang berlipat, anda perlu membayar denda akibat tidak membayar pinjaman online. Anda akan diminta untuk membayar berkali-kali lipat dari jumlah uang yang anda pinjam, bunga hingga denda. Hal ini, akan semakin memberatkan anda. 

Untuk menghindari hal tersebut, penting bagi anda untuk merencanakan proses pembayaran sebelum mengajukan pinjaman online. Kasus pinjaman online bisa memberatkan anda, jika anda tidak bisa membayar tepat waktu.

2. Memiliki Riwayat Kredit Buruk

Resiko tidak bayar pinjaman online yang perlu anda hindari yaitu mendapatkan riwayat kredit buruk. Jika anda memiliki catatan riwayat buruk dalam peminjaman uang, anda tidak akan bisa mengajukan pinjaman di tempat lain.

Anda perlu berhati-hati dalam mengajukan pinjaman online, supaya kehidupan anda aman. Nama baik anda pun tetap terjaga. Jika pun anda meminjam uang, usahakan untuk membayarnya tepat waktu. Supaya terhindar dari riwayat kredit buruk.

3. Kenyamanan Terganggu

Jika anda tidak membayar pinjaman online, kemungkinan kenyamanan anda terganggu. Kemungkinan anda akan terus dihubungi oleh pihak peminjam. Jika anda menghindar terus, kemungkinan anda akan didatangi secara langsung.

Kehidupan nyaman anda akan terganggu, mungkin malam anda tidak akan nyenyak lagi. Jadi, anda perlu mempertimbangkan lagi, agar pinjaman yang anda ajukan sesuai dengan kemampuan pembayaran anda. Bila perlu anda bisa mengajukan pinjaman online cicilan 12 bulan sehingga uang yang anda bayarkan semakin sedikit.

Jika anda terus dikejar debt collector, dampak beratnya yaitu dapat mengganggu pikiran anda, sehingga anda tidak bisa bekerja dengan baik. Fokus anda akan terganggu dan anda bisa jatuh sakit. Sehingga, anda tidak bisa membayar pinjaman anda.

Demikianlah resiko tidak bayar pinjaman online yang perlu anda ketahui. Hal ini bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan jika ingin meminjam uang secara online. Penting untuk memastikan bahwa tempat peminjaman anda adalah pinjaman online resmi. Hal ini untuk menghindari penipuan. Anda perlu teliti dan waspada sebelum mengajukan pinjaman.

Baca juga: Jangan Sampai Salah Paham, Inidia Sanksi Tidak Membayar Pinjaman Online


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.