Semakin maju zaman semakin mudah seseorang mendapatkan sesuatu, karena bantuan teknologi. Teknologi berperan 85% menguasai dunia, semua bisa diakses hanya dengan menjentikkan jari saja. Mulai dari berita koran kini menjadi berita di sebuah website, hingga cara meminjam uang juga bisa dengan teknologi aplikasi. Pinjaman dengan aplikasi disebut dengan pinjol atau pinjaman online. Namun, waspada tetap harus Anda terapkan karena marak Penipuan Pinjaman Online yang meresahkan warganet. Kulik lebih dalam tanda-tanda penipuan pinjol berikut:

Penipuan Pinjaman Online

1. Situs tidak resmi

Situs pinjol resmi memiliki alamat website yang sama dan memunculkan profil perusahaan pinjaman. Jika websitenya hanya sedikit memberikan informasi dan kroscek alamatnya sesuai maka abaikan saja. Alamat resmi selalu menyertakan alamat, nomor telepon rumah asli.

2. Biasanya disebar lewat wa

Whatsapp saat ini menjadi aplikasi chat yang digunakan oleh lebih dari 2 juta orang. Banyak diantara mereka mengacak nomor wa yang diambil dari konter, situs marketplace online atau dari teman. Penipu pinjol akan mengirimkan pesan singkat yang memudahkan pencairan.

3. Minimnya opsi syarat

Pinjol resmi akan memberikan syarat yang cukup banyak jika ingin mengajukan hutang. Jika hanya terdapat 2 opsi dengan foto diri dan nomor KTP sebaiknya dihindari. Jika Anda ingjn hutang sebaiknya di instansi yang berlisensi OJK.

4. Konfirmasi ulangan identitas

Pihak pinjol resmi tidak akan mengulang informasi data klien apalagi meminta identitas lebih lengkap. Dengan adanya pengulangan indikasi data acak atau random akan lebih menguatkan penipu untuk melacak keberadaan Anda. Hati – hati jika meninggalkan salinan KK, KTP di tempat fotocopyan atau bank bisa merangsang tindak pelaku untuk jahat. Banyak kasus pinjol yang didatangi sangat sadis oleh penagih.

5. Kroscek domain website

Domain berbayar akan sangat berbeda dengan domain gratis seperti blogspot, xyz dan sejenisnya. Jika Anda cek domainnya berbayar peluang kevalidan 90% akurat. Maka, berhati-hatilah pada kasus pinjaman online baiknya Anda mengecek domain Penipuan Pinjaman Online yang gratis karena bisa dibuat dan dihapus dengan mudah.

6. Pakai nomor pribadi

Penipu menggunakan nomor pribadi reguler yang tidak bisa dideteksi wajah, alamat dan posisi. Mereka akan mengirimkan pesan ke sms dengan iming-iming pinjol bunga kecil, mudah, cepat, syarat minus.

Nomor ponsel biasa cuma sekali pakai lalu buang, nanti beli lagi. Kendati hanya boleh maksimal 2 identitas nomor tetapi penipu akan mencari nomor kartu keluarga orang lain sebagai identitas registrasi.

7. Modus Penipuan Pinjaman Online Lewat Whatsapp (WA)

Penipuan pinjaman online lewat wa sangat marak terjadi, bahkan tak jarang seseorang terjerat modus penipuan pinjaman online melalui aplikasi whatsapp ini. Umumnya penipuan diawali dengan menwarkan produk pinjaman yang ringan dan cepat.

Strategi Penipuan Pinjaman Online yang menggunakan foto orang lain untuk mengatasnamakan identitas sangat marak. Hati-hati jika Anda posting foto ke sosmed sebaiknya perkecil frekuensi atau berikan mode samaran. Cek dulu kebenaran pinjol barulah Anda putuskan untuk mengajukan hutang. Jangan terburu-buru berfoto selfie dengan ktp di sebelah wajah Anda.

Baca juga: Cara Penagihan Pinjaman Online Ilegal Membuat Trauma Nasabah


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.