Membedakan juru parkir ilegal dan resmi secara kasat mata memang sulit, karena dari segi penampilan memang hampir sama. Kondisi tersebut juga diakui Staff humas dinas perhubungan DKI Jakarta bagian perparkiran.

Walaupun sudah ada seragam yang akan dikenakan. Namun pakaian tersebut sudah bisa dipesan secara online, hampir seperti jaket ojek online begitu juga dengan helmnya. Tidak heran bila uniformnya juga sama.

Oleh karena itu, harpa teliti terlebih dulu, poin penting dan cara termudah untuk membedakannya adalah melihat karcisnya. Bila sudah terdapat cap resmi dari dinas perhubungan maka, dijamin asli.

Sayangnya, beberapa orang lebih pintar dengan melakukan penggandaan melalui foto copy. Terkadang, berani sedikit modal dengan full warna, sehingga hampir mirip. Kalau sudah begini, coba lihat ciri-ciri lainnya.

Membedakan Juru Parkir Ilegal dan Resmi dari Karcis

Harus diakui bahwa, mendapatkan cap khusus dari dinas perhubungan ini cukup sulit. Jadi, solusinya adalah dicopy saja maka, kondisinya hampir mirip dengan baru. Hanya saja, terasa sekali kalau foto copy.

Kalau Anda jeli akan terasa sekali, berikut berbagai ciri karcis resmi yang akan dikeluarkan oleh dinas terkait. Dimana, salah satu hal yang dapat dilihat adalah hadirnya perforasi.

Menurut artinya, perforasi adalah lubang yang terdapat pada karcis tersebut. Bila memang tidak ada bisa dipastikan apa yang diberikan adalah bukti bahwa apa yang diberikan kepada Anda adalah palsu.

Jangan pernah memberi uang dan usahakan untuk segera pergi saja, Perlu diketahui bahwa, hasil parkir tersebut biasanya akan masuk kantong pribadi. Menariknya lagi, sekarang karcis sudah menggunakan barcode.

Kemudian, ciri berikutnya parkir resmi adalah terdapatnya sebuah nomor seri yang tertera langsung dari UP parkir. Untuk penomorannya sendiri langsung dari instansi terkait, juru parkir tidak paham hal tersebut.

Langkah berikutnya ada melihat kondisi seragam sebelah kiri bagian atas. Dimana ada tanda pengenal khusus yang sudah disematkan, sehingga mereka sulit untuk berkutik dan menolaknya. Ciri terakhir adalah surat tugas.

Setiap dinas akan memberikan surat tugas dengan begini kenyamanan serta keamanan akan terjaga dengan baik. Selain itu, Anda juga bisa melihat bagaimana sistem pelayanan yang diberikan sudah cukup bagus.

Mereka sangat ramah dan bersahaja. Setidaknya, beberapa ciri diatas yang bisa dijadikan sebagai acuan, serta sikap ke depannya bagaimana. Atau bila perlu masyarakat ikut melapor kondisi pemerasan tersebut.

Membedakan Juru Parkir Ilegal dan Resmi Berdasarkan Sikapnya

Selanjutnya untuk membedakan apakah resmi atau tidak dapat dilihat dari sikapnya. Dimana mereka akan bekerja sepenuh hati karena konsumen. Oleh karena itu, pekerjaannya cukup rajin dan menyenangkan.

Mulai dari memundurkan kendaraan dan menyiapkannya agar pelanggan mudah, mencoba memberikan jalan sehingga, tidak perlu menunggu terlebih dulu. Kondisinya berbeda penuh, dengan ilegal, karena pikirannya adalah uang.

Jadi, seenaknya saja dan sedikit ketus, bila memang orang tersebut adalah petugas liar maka disarankan untuk mengadukannya saja. Oleh karena itu, cara melaporkan juru parkir ilegal ada beberapa langkah berbeda.

Bisa menggunakan aplikasi seperti yang sudah dibuatkan atau cukup melalui layanan telepon dan sms. Semuanya akan direspons dengan baik dan cepat, jika waktu respons cukup lama, menjadi pertanda aduannya banyak.

Harap sedikit maklum juga bila saat melakukan telepon biasanya respons menjawab sangat kecil. Oleh karena itu, chat jadi salah satu bentuk terbaik untuk dalam mengadu. Usahakan memberikan bukti berupa nama.

Membedakan Berdasarkan Layanannya

Pada dasarnya layanan yang diberikan hampir sama, tetapi kepuasan yang diberikan pelanggan pasti berbeda satu sama lain. Oleh karena itu adukan saja, karena ada hukuman bagi mereka yang melanggar.

Seperti pidana juru parkir liar dimana hukuman 9 tahun penjara karena, masuk ke dalam kategori pemerasan, hingga denda berupa uang akan dikenakan. Jadi, cobalah membantu dinas untuk mengadukannya.

Apalagi, berbagai kemudahan juga sudah diberikan, sehingga tidak ada alasan lagi untuk takut mengadukannya. Dengan begini Anda sudah membantu Dinas perhubungan dalam memberantas aksi juru parkir ilegal.

Harus diakui bahwa, keberadaan tidak resmi seperti ini semakin meresahkan warga saja. Membedakan juru parkir ilegal dan resmi harus jeli dalam melihatnya, agar dalam melakukan laporan tidak salah.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.