Peraturan perusahaan harus dibuat ketika pengusaha sudah memperkerjakan karyawannya sekurang – kurangnya 10 orang. Dan peraturan yang dibuat disahkan oleh Menteri Ketenagakerjaan atau pejabat yang ditunjuk. Namun kewajiban ini tidak berlaku untuk perusahaan yang sudah memiliki perjanjian kerja bersama.

Nah, untuk jasa pembuatan peraturan perusahaan ini harus disusun oleh dan menjadi tanggung jawab dari dari perusahaan. Serta ketentuannya harus sesuai dengan peraturan undang – undang yang berlaku. Setidaknya ada beberapa hal yang harus dilengkapi mulai dari hak dan kewajiban pengusaha dan pekerja, syarat kerja, tata tertib perusahaan hingga jangka waktu dari peraturan perusahaan.

Dalam pembuatan peraturan perusahaan, memang dibutuhkan effort yang lebih karena akan membutuhkan lebih banyak waktu. Nah untuk itu, memang sangat dibutuhkan jasa pembuatan peraturan perusahaan sehingga bisa memudahkan perusahaan dalam membuat peraturan yang disesuaikan dengan kondisi perusahaan dengan mempertimbangkan UU Ketenagakerjaan.

Untuk biaya dalam menggunakan jasa untuk pembuatan peraturan perusahaan sendiri memang akan sangat tergantung dengan jenis pelayanan yang diberikan. Nah, untuk mendapatkan layanan jasa konsultan untuk pembuatan peraturan perusahaan sebenarnya tidak begitu sulit seperti contoh peraturan perusahaan cv, hanya saja ada beberapa tips yang sebenarnya bisa memudahkan Anda.

Pada saat akan memilih jasa pembuatan peraturan perusahaan pastikan untuk Anda mencari data dan informasi yang lengkap. Namun harus tetap waspada dengan beberapa oknum yang mungkin tidak bertanggung jawab yang akhirnya akan memanfaatkan situasi ini sehingga menyebabkan kerugian secara material.

Nah, untuk itu berikut beberapa tips yang bisa menjadi bahan pertimbangan pada saat Anda akan memilih jasa konsultan untuk pembuatan peraturan perusahaan diantaranya:

Sudah terdaftar dengan jelas

Pada saat akan memiliki jasa layanan untuk pembuatan peraturan perusahaan maka pastikan sudah terdaftar pada lembaga tertentu yang cukup kredibel dalam hal pembuatan peraturan perusahaan.

Memahami UU Ketenagakerjaan

jasa pembuatan peraturan perusahaan yang terbaik adalah mereka yang memahami dan mengerti mengenai undang – undang ketenagakerjaan dengan baik. Bahkan setiap perubahan yang terjadi pada UU Ketenagakerjaan terbaru setidaknya mereka sudah updatodate, sehingga akan lebih mudah mengimplementasikan dengan aturan internal dari perusahaan yang sesuai dengan UU Ketenagakerjaan. Mengingat dalam tata cara pembuatan peraturan perusahaan memang point utama yang harus diperhatikan adalah UU.

Liat Track Record

Walaupun jasa pembuatan peraturan perusahaan ini sudah memiliki nama yang baik, akan jauh lebih baik jika Anda melihat track record dari penyedia jasa. Anda bisa melihat siapa saja kliennya dan bagaimana hasil kerja mereka saat melakukan perancangan peraturan perusahaan. Anda harus melihat sendiri seperti apa hasilnya dan pertimbangkan review dari kliennya. Jika lebih banyak tanggapan positifnya, maka tak masalah mempertimbangkannya mereka sebagai pilihan untuk perancang peraturan perusahaan.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.