Saham tanpa hak suara perlu diketahui terlebih dulu oleh setiap investor. Hal ini dimaksudkan agar mereka tidak terkejut. Karena, ada beberapa pemikiran bahwa pembelian saham sudah pasti diundang di RUPS.

Rapat umum pemegang saham memang diadakan oleh perusahaan setiap tahunnya. Mereka adalah para investor yang membeli beberapa persen kepemilikan industri tersebut. Jadi, berhak mengutarakan suara dan berpendapat.

Sayangnya, ada undang-undang yang menyebutkan bahwa pemegang surat kepemilikan tersebut tidak mendapatkan hak sama sekali untuk bersuara. Tetapi, pada prakteknya, mereka masih diizinkan untuk mengikuti rapat yang diselenggarakan oleh perusahaan.

Apa Itu Saham Tanpa Hak Suara

Anda yang telah membeli saham tanpa hak suara tidak memiliki hak untuk menyampaikan pendapat mengenai arah gerak perusahaan kedepannya, meski saham Anda berarti sebagian kepemilikan atas perusahaan tersebut. Hanya sebagai pendengar saja.

Meski tidak mendapatkan hak untuk berbicara dalam RUPS, ada hak-hak lain yang didapatkan pemegang saham tanpa hak suara. Kondisi tersebut sudah diatur pemerintah melalui undang-undang mengenai perseroan terbatas, peraturannya tertulis dengan lengkap.

Jika dibahas secara inti, aturan yang dibuat berdasarkan pasal urutan nomor 53 di baris ayat 4 tersebut mengatur mengenai saham tanpa hak suara. Sebuah Perseroan Terbatas berhak melakukannya.

Semua ketentuan tersebut biasanya harus diatur melalui anggaran dasar yang dibuat oleh perusahaan itu sendiri. Penentuannya sendiri juga bergantung kepada mereka, oleh karena itu setiap investor harus paham dulu.

Inilah alasannya mengapa Anda tidak boleh sembarangan memilih perusahaan. Walau profitnya menanjak tinggi tetapi, kalau mereka menetapkan kebijakan untuk pemegang saham tanpa hak suara maka hasilnya sama saja.

Meski demikian, keadaan tersebut tidak akan merugikan Anda 100% karena hak-hak lain yang tetap diberikan. . Kondisi tersebut merujuk pada peraturan yang dibuat oleh pemerintah. Karena bagi mereka pendapatan nomor satu. Hanya saja, bagi beberapa investor lain hak-hak tersebut dirasa kurang sempurna, apalagi bagi mereka yang punya ide kreatif dan sudah pernah memajukan perusahaannya, pasti tidak menyenangkan.

Perlu jadi catatan, tanpa hak suara ini lebih diartikan sebagai pendapat Anda ditolak mentah-mentah tanpa ada pertimbangan sama sekali. Kecuali kalau saran itu dikemukakan oleh mereka pasti akan dipikirkan.

Hak Hak yang Dimiliki Oleh Pemegang saham Tanpa Hak Suara

Jangan berkecil hati, walau tidak diperbolehkan melakukan kritik dan saran. Anda sebagai pemegang surat kepemilikan perusahaan masih mendapatkan beberapa hak lainnya yang lebih penting dan sangat diharapkan oleh semua investor.

Apa saja itu? Mari coba simak pembahasan lengkapnya di bawah ini. Poin ini perlu diperhatikan agar Anda tidak kecewa atau dipermainkan dalam pasal tersebut. Kondisi ini ikut melindungi semua komponen.

1. Mendapatkan Hasil dari Deviden

Saham tanpa hak suara tetap memperoleh deviden dari perusahaan atau bahasa mudahnya adalah pembagian laba. Jadi, setiap industri wajib memberikan laba yang didapatkannya selama 1 tahun penuh kepada pemegang saham.

Pembagian tersebut tidak sama, tergantung kondisi sahamnya dulu seperti apa. Jika memang banyak maka hasilnya juga lumayan. Untuk persentasenya sendiri kembali ke kebijakan perusahaan tersebut, pemerintah tidak bisa ikut campur.

Oleh karena itu pemegang saham tanpa hak suara harus mampu membeli beberapa lembar agar hasil deviden yang diberikan bisa tinggi. Tetapi, tidak semua perusahaan bisa membagikan hasil keuntungan laba tersebut.

Jadi, ada yang sahamnya ditahan terlebih dulu sebagai upaya pengembangan serta pembangunan perusahaan. Jadi, mereka yang mampu memberikannya sudah pasti mempunyai return of equity yang baik.

Dalam pembagiannya sendiri tergantung juga pada kebijakan perusahaan. Apakah mau membagi Saham tanpa hak suara dengan uang, saham, properti, interim, likuidasi atau script. Perbedaan semuanya hanya pada wujud barangnya.

Kalau pembagian dividen dilakukan dalam bentuk tunai, mereka akan mendapatkan uang sebesar dividen yang sudah dihitung sebelumnya. Bila angka tersebut mencapai Rp1 juta, maka dana sekian akan ditransfer langsung ke nomor rekening.

Anda tidak perlu datang langsung ke bank, cukup praktis bukan? Bukan hanya uang tunai saja, mereka juga memberikannya sesuai dengan kemampuan perusahaan dalam melakukan pembayaran tersebut.

2. Sisa Hasil Likuidasi

Saham tanpa hak suara masih diperbolehkan untuk mendapatkan sisa hasil likuidasi. Sesuai dengan kebijakan yang sudah ditetap oleh perusahaan. Biasanya penetapannya ada di anggaran dasar andai saja industri itu tutup.

Dalam hal ini investor yang memang tidak memiliki hak suara penuh akan diuntungkan. Karena, investor tersebut tidak perlu memikirkan bagaimana kedepannya andai saja usaha tersebut kesulitan dalam melakukan pembayaran hutang.

Hak Hak yang Tidak Dimiliki Oleh Pemegang Saham Tanpa Hak Suara

Setelah mengetahui hak yang didapatkan saatnya Anda perlu tahu apa saja yang tidak didapatkan. Seperti tidak dapat meminta adanya RUPS. Perlu diketahui rapat ini biasanya diadakan oleh jajaran direksi.

Hanya saja dalam undang-undang perseroan terbatas rapat tersebut bisa saja diadakan atas permintaan dari para pemegang saham. Bagi mereka yang mempunyai status sebagai pemegang saham tanpa memiliki hak suara, hal tersebut tidak dapat dilakukan.

Artinya permintaan tersebut otomatis akan ditolak walaupun Anda sendiri tahu dan paham bahwa keadaan perusahaan sedang genting. Bukan hanya itu saja, masih ada beberapa hal lain yang harus diketahui juga seperti hal-hal berikut:

1. Tidak Menentukan Kuorum

Saham tanpa hak suara tidak akan menentukan kuorum atau jumlah minimum. Jadi, hampir mirip dengan sidang DPR di mana mereka sebelum melakukan rapat harus memenuhi batas minimal jumlah peserta.

Kalau tidak terpenuhi maka rapat tersebut belum bisa digelar. Kondisi ini juga terjadi pada RUPS, kuotanya harus terpenuhi dulu sesuai dengan peraturan PT yang sudah diatur melalui undang-undang.

Andai saja jumlah peserta kurang satu kemudian pemegang saham tanpa hak suara ikut hadir, kondisi tersebut tetap tidak bisa memenuhi kriteria untuk dimulainya rapat, karena pemegang saham tersebut tidak memiliki hak apapun terkait dengan RUPS.

Pun jika kuorum sudah terpenuhi, Anda sebagai pemegang saham tanpa hak suara tetap tidak berhak untuk memberikan pendapat apapun selama proses rapat. Juga, keputusan apapun yang diambil dalam rapat harus Anda terima dan ikuti. Dalam peraturan sebuah rapat baru dapat diadakan ketikan memenuhi 2/3 atau ¾ bagian. Untuk saham tanpa hak suara tidak masuk bagian, maka dari itu banyak rapat ditunda karena kejadian ini.

Perlu diketahui juga, jika ada dua keputusan sama kuat maka keputusannya melalui voting. Tetapi, ketika hal tersebut dijalankan dan akhirnya tetap saja masih seimbang, dilakukan perhitungan.

Misalnya, pemilih A mendapatkan 10 suara ternyata totalnya mencapai 50,9%. Kemudian, yang memilih B juga sama termasuk Anda, tetapi total hanya 40,1%. Maka A adalah pemenangnya walau sebenarnya 49,1%.

Angka 9% tersebut adalah milik Anda, tetapi karena termasuk sebagai saham tanpa hak suara maka tidak dihitung. Jadi, keputusan tersebut akan menjalankan kebijakan A. Begitulah cara kerjanya.

2. Tidak Perlu Tanda Tangan

Selanjutnya, Anda juga tidak berhak untuk melakukan tanda tangan. Jadi, saat pengambilan keputusan dapat dilakukan tanpa diadakan RUPS. Biasanya direksi akan memberikan surat pernyataan secara tertulis diberikan ke semuanya.

Andai saja mereka menyetujui isi atau ide dari surat tersebut, maka pengambilan keputusan bisa langsung dilakukan. Dengan satu syarat seperti yang tertera dalam ketentuan dalam pasal 91 UU PT.

Pengambilan keputusan harus disertai dengan tanda tangan pemegang saham, namun pemegang saham tanpa hak suara boleh tidak membubuhkannya. Karena tanda tangan tersebut merupakan salah satu bentuk dari suara. Hanya saja, mereka tetap mempunyai hak untuk mengetahui keputusan apa yang diambil oleh pihak direksi. Biasanya, pemberian surat seperti ini ada hal urgent harus segera dilakukan sebagai upaya penyelamatan perusahaan.

Atau bisa juga mengambil kebijakan cukup besar, sedangkan RUPS terlalu lama. Hal tersebut juga sudah diatur dalam UU tentang PT. Oleh karena itu, saham tanpa hak suara hanya boleh membacanya.

Walau Anda tidak membubuhkannya, surat keputusan itu tetap sah di mata hukum. Justru kalau salah satu dari mereka digantikan oleh Anda, kalau terjadi permasalahan kekuatannya akan sangat lemah.

Inilah keistimewaan dari pemegang hak suara. Mereka bisa mengatur bagaimana jalannya perusahaan tersebut. Apalagi, kalau memegang saham dengan angka paling besar, biasanya lebih didengarkan daripada yang kecil.

Ini dikarenakan angka kepemilikan paling besar bisa disebut juga sebagai pemilik utama. Kekuasaan penuh ada ditangannya, walau masih ada beberapa orang yang perlu diberikan pertimbangan untuk sebuah keputusan.

3. Tidak Berhak Mengajukan Pemeriksaan

Saham tanpa hak suara juga tidak diperkenankan untuk mengajukan pemeriksaan terhadap jajaran direksi. Terkadang setiap perusahaan itu ada masalah pada jajaran direksinya, mungkin merugikan perusahaan karena berbagai kasus.

Kalau hal ini hanya Anda saja yang tahu sementara untuk suara tidak punya, maka hal itu akan sia-sia. Pengajuan pemeriksaan atau audit sulit sekali dilakukan kecuali kalau Anda mempunyai bukti.

Itu saja tetap terbantahkan bila semua pemegang saham dengan hak suara itu menolak untuk melakukannya. Hal seperti ini memang wajar adanya. Tetapi, salah satu saja ada yang bersedia maka pengajuan pemeriksaan itu bisa diperbolehkan.

Aturan dari UUPT sendiri memperbolehkan pemegang saham mengajukan pemeriksaan ke Pengadilan Negeri setempat walau hanya ada 1 saja. Bila memang Anda mencium bau tidak sedap dan sehat usahakan mengajak satu orang saja.

Walau sebenarnya tidak kuat, tetapi dari segi hukum sudah cukup agar pengadilan bisa memeriksanya secara menyeluruh. Melakukan audit dari awal sampai akhir dan menentukan bagaimana hasilnya.

4. Tidak Mampu Mewakili PT untuk Menggugat Direksi

Bukan hanya melakukan pemeriksaan ke Pengadilan negeri saja, mereka juga diberikan hak untuk menggugat direksi. Andai saja mampu membuktikan bahwa kebijakannya membuat kondisi perusahaan merugi karena kelalaiannya.

Sayangnya, hak istimewa tersebut tidak Anda miliki. Inilah salah satu bagian spesial dari pemilik saham dengan hak suara. Bahkan untuk proses penggantian juga dapat dilakukan seketika. Tetapi, tetap harus mengikuti prosedur yang ada.

Bukan sembarang begitu saja, tetapi bukti kuat dan konkret harus ada. Jadi, bukan hanya sekedar pembicaraan saja. Bahkan, keistimewaannya juga bisa mengusulkan untuk membubarkan perseroan. Bagaimana, cukup menarik bukan?

5. Tidak Berhak Mengusulkan Pembubaran PT

Usulan untuk membubarkan perseroan ini juga sudah diatur dalam Undang-Undang, bunyinya setidaknya demikian. Dengan saham dengan hak suara, Anda berhak mengajukan usulan untuk membubarkan perusahaan tersebut, walau hanya satu suara saja.

Andai saja mereka bisa memberikan alasan sehingga yang lainnya mampu memutuskan hal sama. Maka, proses pembubaran tersebut akan segera dilakukan. Sayangnya, untuk Anda yang tidak punya hak suara hal ini sulit.

Walau pernyataan serta pembuktiannya sangat benar serta valid, sayangnya suara tersebut tidak mempunyai kekuatan. Kecuali kalau Anda sendiri mampu mempengaruhi pemilik lainnya, kemungkinan opsi tersebut dapat dilakukan.

Harus diakui bahwa setiap perusahaan memberikan kebijakan ini bukan tanpa alasan. Mereka mempunyai beberapa pertimbangan, sehingga saham yang tidak mempunyai suara apa-apa ini dicetuskan dalam anggaran dasar.

Perlu diketahui juga kalau alasan setiap perusahaan melakukan ini berbeda-beda. Bisa karena pribadi atau memang kebutuhannya demikian, melihat dulu bagaimana kondisi perusahaan baik dari dalam atau luar.

Mengapa Ada Pemegang Saham Tanpa Hak Suara

Mungkin saat ini Anda sedang berpikir mengapa setiap perusahaan mempunyai kebijakan seperti ini. Ada beberapa alasan yang mungkin belum diketahui oleh setiap investor, di mana memberikan suara seperti ini tidak mudah.

Artinya, setiap investor mempunyai latar belakang masing-masing. Sebagai contoh perusahaan makanan cepat saji. Kemudian, pemegang surat kepemilikan tersebut ternyata adalah seorang mekanik motor dan mesin.Jika seorang mekanik diundang dalam rapat, belum tentu mekanik tersebut bisa memberikan pendapat dari segi bisnis dan penjualan, meskipun mekanik tersebut paham betul soal strategi-strategi teknis. Itu merupakan dua hal yang berbeda.

Inilah alasannya mengapa perusahaan memberikan kebijakan bahwa ada saham tanpa hak suara. Kondisi itu demi mencegah kebijakan yang salah sehingga mampu merusak citra hingga pendapatan perusahaan.

Salah satu faktor mengapa saham bisa turun adalah salah dalam mengambil kebijakan. Hal itu bisa jadi karena mereka belum menguasai pasar atau tidak tahu bagaimana keadaan sebenarnya, maka asal saja.

Terutama dalam memberikan kebijakan mengenai bagaimana trik penjualannya ke depan. Bukan hanya itu saja, masih ada beberapa alasan penting lainnya yang perlu diperhatikan mengenai  alasan  mereka memberikan kebijakan seperti ini.

Alasan lainnya mengapa harus ada saham tanpa hak suara adalah agar tidak merusak anggaran dasar yang ada. Karena, dalam RUPS tersebut semua pihak terkait akan menentukan jajaran direksi sampai anggaran dasarnya seperti apa.

Kondisi ini diterapkan demi menjaga stabilitas perusahaan. Karena, jajaran di dalamnya biasanya lebih mengerti bagaimana keadaan serta kebijakan untuk mendapatkan laba lebih, walau ide Anda sebenarnya sangat bagus.

Dasar Hukum Saham Tanpa Hak Suara

Setiap kegiatan perusahaan yang dilakukan pasti memiliki dasar hukum. Karena, hal ini dijadikan landasan untuk membuat sebuah aturan agar tidak melanggar ketentuan dari pemerintah. Hal tersebut perlu digaris bawahi

Aturan tentang pemegang saham tanpa memiliki hak suara sudah diatur dalam undang-undang mengenai perseroan terbatas. Ada beberapa pasal dan ayat bisa Anda baca sendiri, semuanya sudah dijelaskan secara terperinci.

Bahkan, soal apakah mereka tanpa hak suara masih mendapatkan hak lainnya juga tersedia disana. Maka, bagi investor yang ingin membeli sebuah surat kepemilikan harap dibaca dulu pasal tersebut secara lengkap.

Biasanya pada saat melakukan pembelian, pihak perusahaan tidak mencantumkan adanya sebuah peraturan mengenai pemegang saham tanpa hak suara tersebut. Jadi, Anda sendiri harus aktif untuk mencari dan membacanya.

Perusahaan ternama biasanya mempunyai website di mana sebagian besar anggaran dasarnya disediakan disana. Kebanyakan aturan ini tercantum, bila memang tidak kemungkinan besar mereka masih menerima suara Anda.

Siapa Saja yang Memiliki Hak Suara Dalam RUPS

Pada dasarnya dalam rapat RUPS ini semua undangan mendapatkan hak suara untuk berbicara, menyampaikan pendapat bahkan sampai melakukan kritik. Hanya saham tanpa hak suara yang tidak diberikan keleluasaan.

Bila hal itu tidak menjadi masalah untuk Anda maka, bisa melanjutkan melakukan pembelian lagi karena, harga yang selalu menanjak naik. Harus diakui keuntungan menjadi poin penting mengapa seseorang bermain saham.

Tetapi, kalau kurang nyaman dengan kebijakan yang ditetapkan oleh perusahaan tersebut. Sebaiknya memilih industri yang tidak menetapkan pemegang saham tanpa hak suara dalam anggaran dasar mereka.

Baca juga: Apa Itu Saham Preferen yang Sangat Istimewa Bagi Investor


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.