Apa itu saham preferen dapat diartikan sebagai surat kepemilikan perusahaan yang memiliki hak lebih tinggi dibandingkan yang statusnya biasa saja. Bisa dikatakan Anda akan menjadi prioritas utama.

Menariknya dari investasi ini adalah Anda akan mendapatkan pendapatan tetap. Karena, merupakan gabungan antara obligasi dan saham biasa, tidak heran bila banyak orang saat ini mulai mengincarnya.

Apa Itu Saham Preferen

Agar lebih mudah memahaminya bisa dilihat dari beberapa contoh sebagai berikut. Pak Joko statusnya adalah sebagai investor sebuah perusahaan memiliki surat kepemilikan atas aset hingga laba mereka.

Karena memiliki hak lebih tinggi tidak heran bila Pak Joko akan mendapatkan prioritas untuk dividen. Bahkan, sebelum lainnya beliau adalah orang pertama mendapatkannya untuk angka sendiri hampir sama bunga deposit.

Cara mudah memahaminya adalah Pak Joko adalah orang spesial di perusahaan tersebut. Posisinya lebih tinggi dibandingkan pemegang surat kepemilikan lainnya bahkan, saat industri tersebut bangkrut, bisa mendapatkan aset perusahaan.

Apa itu saham preferen menjadi incaran semua orang sayangnya, mereka salah dalam memilihnya. Terkadang investor masih bingung dengan saham biasa, karena mengira keduanya sama, harus diketahui keduanya berbeda.

Sayangnya preferred stocks ini juga mempunyai kekurangan. Dimana bagi sebagian orang merasa hak tersebut paling dinantikan, selain itu sedikit sulit mendapatkan industri yang menjualnya di bursa efek.

Perbedaan Saham Preferen dengan Saham Biasa

Agar tidak salah, Anda harus mengetahui dulu bagaimana perbedaan keduanya. Salah satu yang bisa dilihat bahkan, dari pengertiannya sudah tampak adalah statusnya menjadi prioritas atau merupakan anggota VIP.

Satunya lagi adalah kondisi umum. Cara mudah memahaminya seperti ini, saat Anda membeli sebuah tiket antara premium dan biasa. Pasti ada perlakuan berbeda bukan? Dari segi harga juga sudah terlihat.

Apa itu saham preferen merupakan bukti surat kepemilikan atau dalam ilustrasi diatas adalah tiket premium. Jadi, Anda mendapatkan layanan sampai fasilitas lebih, pasti mendapatkan welcome drink, makanan dan camilan.

Kalau ada apa-apa satu petugas khusus siap membantu. Artinya, tiket premium ini membuat Anda sendiri menjadi seorang sultan semuanya sangat mudah dan pemiliknya sendiri pasti menikmatinya.

Ilustrasi tersebut tidak jauh berbeda antara surat kepemilikan preferen dan biasa. Anda akan didahulukan dibandingkan lainnya. Perbedaan lainnya yang perlu disadari adalah risiko yang terjadi kedepannya.

Pemilik biasa atau disebut juga Common stock ini akan menanggung semuanya. Mulai dari keuntungan kalau nilainya terus naik, bahkan sampai risiko ketika angkanya menurun tajam, tidak terlalu menyenangkan bukan?

Perlu diketahui juga, pemilik dari common stock ini masih tetap mendapatkan haknya menerima dividen. Sayangnya, penerimaannya berada di paling akhir kemungkinan untuk tidak mendapatkannya juga cukup besar.

Keuntungan Saham Preferen

Apa itu saham preferen dapat dilihat dari bagaimana keuntungannya. Poin paling menarik dari sini adalah mendapatkan hak istimewa dibandingkan lainnya. Perlakuan istimewa bisa dilihat dari pembagian laba perusahaan.

Biasanya setiap industri mendapatkan keuntungan dari penjualannya setiap tahun mereka akan membagikannya kepada pemegang saham. Para preferen ini memiliki keistimewaan ditransfer pertama kali, nama listnya masuk urutan nomor satu.

Tidak heran, bila Anda sudah mendapatkannya tetapi lainnya belum dan harus menunggu antrian terlebih dulu. Bahkan perusahaan akan berusaha mempertahankan angkanya, kemungkinan untuk menurun kecil, kecuali kalau laba turun jatuh.

Kalau saja itu terjadi, pihak direksi berusaha untuk menurunkannya tetapi tidak terlalu jauh. Misalnya kemarin mendapat Rp100 ribu, maka saat ini pihak direksi mencoba memberikan Rp. 60 sampai Rp. 90 ribu.

Coba dibandingkan dengan common stock, pasti akan terlihat sekali perbedaannya. Perlu diketahui bahwa, jenis ini ada juga yang diperdagangkan di bursa. Tetapi, beberapa juga tidak tergantung perusahaan tersebut.

Mereka pasti mempunyai kebijakannya masing-masing sesuai dengan anggaran dasar yang sudah ditetapkan. Jika terpaksa sekali, Anda juga bisa menukarnya dengan status biasa, cukup menguntungkan bukan?

Terakhir, pemilik preferred stock juga diprioritaskan untuk mendapatkan aset perusahaan apabila, kondisi keuangan mereka dinyatakan bangkrut atau terjadi likuiditas. Sementara yang biasa tidak akan mendapatkannya sama sekali.

Hak Istimewa dari Saham Preferen

Apa itu saham preferen seperti yang sudah disebutkan diatas dapat diketahui dari keuntungan. Salah satunya adalah mendapatkan hak istimewa. Dimana mereka menjadi nomor satu setiap aktivitas perusahaan, apa saja itu?

1. Pembagian Hasil Lebih Menguntungkan

Apa itu saham preferen yang mendapatkan hak istimewa akan mendapatkan pembagian hasil yang memang menguntungkan. Dimana angkanya sendiri bila diperhitungkan akan sama dengan bunga deposit dari bank, artinya lebih besar.

Beberapa orang yang sudah paham tidak akan memindahkannya ke saham biasa, karena dari sisi penghasilannya bisa dikatakan tetap. Ketika laba perusahaan sangat tinggi mereka juga bisa merasakannya.

Menariknya lagi bila perusahaan tersebut belum memberikan hasil laba mereka maka, kondisi itu akan dijadikan hutang. Jadi, kemungkinan mendapatkannya sangat tinggi, walau masih tidak tahu kapan bisa membayarnya.

Hanya saja, Anda dipastikan akan mendapatkannya. Kondisi menjadi keistimewaan yang tidak akan dimiliki oleh common stocks, oleh karena itu perhatikan dengan baik serta pertimbangkan jika ingin membelinya.

2. Mendapatkan Prioritas Klaim

Ada beberapa orang dimana ingin mengubahnya menjadi saham biasa. Bagi pemegang preferred Stock akan mendapatkan prioritas. Hanya saja, Anda harus memikirkannya dengan baik karena, keistimewaan otomatis hilang.

3. Keamanan Nomor Satu

Apa itu saham preferen dapat dilihat juga ketika perusahaan belum mampu membayar dividennya. Kondisi itu akan dimasukkan sebagai hutang kepada investor, dengan kata lain pasti akan ditransfer.

Untuk jaminan masa depan, surat kepemilikan ini memiliki jaminan terbaik. Karena, memang tidak dapat diperjualbelikan, maka sistem keamanannya tetap terjamin. Bagaimana sangat istimewa bukan pemilik saham preferen ini?

Kerugian dari Saham Preferen

Apa itu saham preferen juga bisa dilihat dari bagaimana kerugiannya. Walau mereka memiliki hak istimewa di perusahaan sayangnya, untuk suara tidak diberikan kewenangan apa-apa. Bahkan, tanpa kehadirannya RUPS tetap jalan.

Inilah kerugian yang harus dipikirkan benar oleh calon investor. Apabila mempunyai beberapa ide kreatif maka, pemilihan surat kepemilikan ini membuat posisi Anda akan merugi. Karena, dalam rapat hanya berhak mendengar.

Misalnya ide itu datang tetapi, beberapa peserta rapat tidak menggunakannya sah saja. Tidak mempengaruhi perhitungan bila nantinya terjadi voting. Bisa dikatakan pemilik preferred stocks murni sebagai investor saja.

Jadi, meletakkan uangnya kemudian menunggu bagaimana hasilnya. Bagi sebagian orang hal ini memang menyenangkan. Tidak perlu pusing memikirkan bagaimana strategi kedepannya, apakah ada lagi kerugian yang harus diketahui?

Masih ada, ketika Anda sudah membelinya 15% maka untuk pembelian kembali tidak diperbolehkan. Hal ini menjadi sebuah pertaruhan tersendiri, maka disarankan untuk memperhatikan bagaimana perusahaannya terlebih dulu.

Walau pada akhirnya Anda tetap mendapatkan untung akibat kebijakan mengenai likuiditas dan aset perusahaan. Namun tetap saja menimbulkan kerugian, selain itu tipe seperti ini memang jarang dilakukan oleh berbagai industri.

Jangan heran saat melihatnya di bursa efek hanya ada beberapa industri saja. Bagi mereka memutuskan untuk membuka preferen juga memiliki kelebihan serta kekurangan masing-masing, inilah alasannya mengapa tidak semua mempunyai.

Jenis Jenis Saham Preferen

Setelah memahami bagaimana keuntungan dan kekurangannya saatnya Anda harus paham juga bagaimana jenis-jenisnya. Setidaknya ada 5 yang salah satunya sebenarnya berbeda, oleh karena perhatikan dengan seksama.

Lihat dengan seksama karena satu sama lain punya hak istimewanya sendiri. Dengan memperhatikan hal tersebut, membuat investor tersebut lebih mengerti mana yang cocok dengannya, coba lihat penjelasannya di bawah ini

1. Saham Preferen Partisipasi

Apa itu saham preferen partisipasi memberikan keuntungan sangat besar. Karena, Anda bisa mendapatkan hak untuk dividen tambahan. Hanya saja, keadaan tersebut sudah ditentukan sesuai dengan kebijakan perusahaan.

Sebagai contoh saat pemegang common stock mendapatkan pendapatan laba lebih besar. Maka, Anda juga akan mendapatkannya bahkan, jumlahnya bisa sama dengan yang pernah diterima sebelumnya.

2. Saham Preferen Konvertibel

Apa itu saham preferen konvertibel merupakan jenis yang mampu ditukarkan ke biasa. Tetapi, sebagai pemegangnya Anda tetap harus memenuhi syarat dan ketentuannya. Dimana konversi ini dapat disesuaikan dengan performanya.

Biasanya untuk proses mengubahnya ditentukan dengan tanggal. Menariknya jumlahnya sendiri bisa ditentukan, misalnya mereka mempunyai 10 lot maka 3 atau lebih lot dapat ditukar menjadi saham biasa.

Hanya saja, kondisi tersebut tetap harus mendapatkan persetujuan dari pihak manajemen. Karena, berhubungan mengenai suara dalam RUPS, walau lotnya sedikit tetap mempengaruhi hasil kebijakan perusahaan kedepannya.

3. Saham Preferen Disesuaikan

Apa itu saham preferen disesuaikan adalah jenis khusus, jadi pembayaran laba tersebut dilakukan secara bervariasi. Untuk acuannya sendiri biasanya ditentukan berdasarkan pada pergerakan dari kurs valuta asing.

Bukan hanya itu, acuan lainnya adalah suku bunga. Jadi jangan heran kalau membeli surat kepemilikan perusahaan disesuaikan ini nilai devidennya sendiri setiap tahunnya tidak sama. Karena, harus ada penyesuaiannya dulu.

4. Saham Preferen yang Dapat Ditebus

Apa itu saham preferen dapat ditebus merupakan surat kepemilikan yang diterbitkan oleh perusahaan untuk satu kepentingan. Seperti mendapatkan biaya dari penggabungan antara utang serta ekuitas.

5. Saham Preferen Kumulatif

Saham preferen kumulatif menjadi hak paling spesial karena, perusahaan wajib membayarkan semua dividennya kepada investor. Bahkan, bila perusahaan tersebut terdapat tunggakan dan dijadikan yang utama untuk mendapatkannya.

Cara Membeli Saham Preferen

Apa itu saham preferen merupakan penggabungan antara obligasi dan saham biasa. Dimana surat tersebut tidak semua perusahaan mempunyai, hanya beberapa saja. Karena disesuaikan dengan kondisi serta kebutuhannya.

Bila Anda tertarik untuk membelinya karena, bisa mendapatkan hak istimewa. Untuk membelinya cukup masuk ke bursa saham saja. Disana Anda bisa menemukan berapa angkanya lalu dikalikan saja berapa lotnya.

Apa itu saham preferen pada dasarnya untuk mendapatkannya sangat mudah. Karena, tidak semua orang bersedia membelinya. Apalagi, Anda sudah tahu bukan bagaimana kekurangannya kalau memang tidak masalah beli saja.

Tetapi, bila memang suara Anda merupakan hasil pemikiran terbaik maka, pertimbangkan kembali sampai dua kali. Hanya saja kalau memang tidak masalah dengan kerugiannya langsung saja beli tanpa ragu.

Saat ini sudah banyak platform trading saham yang memberikan pilihan berbagai perusahaan yang menjual surat kepemilikan preferen ini. Tinggal pilih saja dan lakukan sesuai dengan petunjuk yang sudah ditetapkan.

Pada dasarnya cara pembelian ini sama, hanya saja untuk metode setiap platform berbeda. Jadi, harap perhatikan lebih dulu agar transaksi dapat diterima dan Anda bisa mendapatkan hak istimewa tersebut.

Contoh Saham Preferen di Bursa Efek Indonesia

Apa itu saham preferen bisa ditemukan juga di Bursa Efek Indonesia. Beberapa perusahaan sudah tersedia disana, Anda sendiri dapat membelinya sesuai ketentuan. Apakah ada cara untuk mengetahuinya?

Jawabannya adalah ada, ketika ingin membeli saham perusahaan cobalah lihat deskripsi atau namanya. Biasanya preferen seperti ini akan ditambahkan dengan kode P pada bagian depannya, jadi mudah untuk membedakannya.

Salah satu contohnya adalah PT Mas Murni. Dalam pembelian di bursa efek pasti ada singkatan untuk memudahkan penulisan. Disampingnya akan ditambahkan huruf P kalau perusahaan diatas maka namanya menjadi MAMIP.

Apa itu saham preferen dapat dipahami dari berbagai macam contoh lainnya yang sudah tersedia disana. Jadi tidak perlu melihat deskripsi lebih jauh atau mencarinya di internet. Penambahan ini memang mudah.

Membuat para investor tidak lagi kebingungan, hanya saja lihat dulu bagaimana harganya. Biasanya angkanya akan sangat tinggi, sesuai dengan kebijaksanaan perusahaan sesuai anggaran dasar mereka masing-masing.

Bagus Mana Antara Saham Biasa dan Saham Preferen

Apa itu saham preferen juga bisa dilihat dari alasan Anda mengapa harus membelinya. Dengan pernyataan tersebut sudah bisa dipastikan bahwa, pemilihan preferred stocks adalah lebih baik dibandingkan biasa.

Mengapa begitu? Bukankah banyak juga kerugian yang akan didapatkan? Pada dasarnya iya, salah satunya adalah kesulitan mendapatkan suara. Hanya saja, dalam investasi bukan suara dibutuhkan, melainkan uangnya.

Kalau mendapatkan keistimewaan berupa dividen lebih banyak dan stabil mengapa tidak? Pada dasarnya setiap orang ingin melakukan investasi itu juga karena uang bukan? Apalagi dari segi perlindungan terasa memadai.

Artinya kalau terjadi kebangkrutan perusahan maka apa itu saham preferen akan menunjukan keistimewaannya. Kondisi tersebut bisa melindungi harta Anda apalagi kalau terjadi kebangkrutan, mendapatkan likuiditas hingga asetnya juga.

Keadaan ini membuat kerugian yang sudah dikeluarkan menjadi terasa cukup ringan. Walau hasilnya memang masih harus diperhitungkan lagi. Hanya saja, Anda masih mendapatkan profit terbaik.

Bila memiliki saham biasa, hak istimewa tersebut tidak ada. Tetapi masih berkesempatan mendapatkan haknya untuk tetap bersuara di RUPS serta menentukan berbagai arah dan kebijakan. Termasuk dalam menentukan arah dan tujuannya.

Alasan Perusahaan Menjual Saham Preferen

Alasan utama mengapa perusahaan menghadirkan preferred stock ini karena, mereka meyakini akan mendapatkan pendanaan dengan baik. Perlu diketahui, harganya sendiri memang cukup tinggi, sehingga memberikan keuntungan tersendiri.

Selain itu, pihak kantor sendiri mempunyai pemikiran yang cukup kritis dan dalam jangka panjang ke depan. Pada akhirnya nanti bila membutuhkan pendanaan tidak terlalu rumit, jadi posisinya akan sangat menguntungkan.

Menghadirkan surat kepemilikan saham ini merupakan strategi lain dari industri tersebut agar mendapatkan modal cepat. Mereka bisa melakukannya hanya dengan telepon saja, walau semua itu tergantung ke kebutuhan perusahaan itu.

Keuntungan terbesar bagi perusahaan dengan menghadirkan preferred stock adalah tidak adanya campur tangan orang lain. Perlu diingat kembali, mereka tidak mempunyai suara untuk menentukan kebijakan di RUPS.

Dengan begini, seluruh kebijakan, jajaran direksi, hingga strategi masih bisa dijalankan sesuai anggaran dasar. Harus diakui, terkadang kehadiran orang luar yang bukan berada di bidangnya memang sedikit meresahkan.

Bisa dikatakan, setiap industri menghadirkan saham ini hanya untuk mencari uang saja. Tambahan modal tersebut dapat menguntungkan mereka sebagai upaya pengembangan serta pemenuhan kebutuhan konsumen agar lebih terjangkau.

Memahami bagaimana prefered stock ini memang diperlukan bagi Anda para investor agar tidak salah memilih. Apa itu saham preferen merupakan surat kepemilikan saham dengan hak yang sangat istimewa.

Baca juga: Mengenal ESOP Hadiah Menggiurkan untuk Karyawan Berprestasi

Konsultasikan Permasalahan Bisnis Dengan Justika

Saat ini Anda dapat berkonsultasi dengan Mitra Advokat terkait permasalahan bisnis, terutama perihal apa itu saham preferen, dimana saja. Dengan menggunakan Layanan Bisnis Justika, Anda dapat berkonsultasi tanpa harus mendatangi Kantor Advokat.

Kenapa Justika? Justika merupakan platform konsultasi hukum terbaik dan terpercaya yang ada di Indonesia, dengan Mitra Advokat yang tergabung memiliki pengalaman lebih dari 5 (Lima) tahun. Khususnya dalam bidang bisnis, maka permasalahan Anda dapat dibantu dan diselesaikan secara profesional.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.