Ketika terjadi suatu permasalahan, apakah Anda tahu apa itu berita acara pemeriksaan dan fungsi-fungsinya? Ya pada dasarnya berita acara pemeriksaan atau BAP bisa digunakan untuk mengatasi dan membantu Anda menyelesaikan tindak perkara sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

BAP bisa digunakan untuk menjaga saksi dan membebani tersangka dengan pernyataan tertulis. Tentu jawaban BAP membutuhkan kebenaran agar tidak terjadi kecurangan. Nantinya jawaban saksi dalam BAP akan diawasi langsung oleh pihak pemeriksa umum yang terkait.

Penyidik atau pengawas juga bertanggung jawab atas jawaban yang diberikan oleh saksi. Dalam BAP ada beberapa ketentuan yang harus diperhatikan. Seperti mencantumkan pihak terkait di dalam perkara dan keterangan resmi dari saksi bahwa tersangka benar-benar bersalah.

Semua itu diperlukan untuk tindakan lebih lanjut seperti membawanya ke jalur hukum. Bahkan dokumen khusus penyelesaian perkara juga membutuhkan surat ini sebagai keterangan resmi. Tanpa adanya BAP, pernyataan saksi tidak dapat berlaku untuk penindakan lebih lanjut.

Pernyataan saksi dalam BAP harus lengkap dan benar adanya. Karena ketika perkara masuk ke dalam persidangan, tersangka dan penasehat hukumnya dapat membalikkan keadaan dari suatu pernyataan palsu. Oleh karena itu BAP sangat penting dan harus dibuat dengan baik.

Apa itu Berita Acara Pemeriksaan dalam Perkara?

Sebagaimana yang kita ketahui, hukum dan pengadilan memerlukan beberapa berkas untuk bisa menyelesaikan suatu perkara. Berita Acara Pemeriksaan adalah salah satu dokumen yang perlu dipersiapkan dan diberikan ke setiap pihak terkait agar proses persidangan berjalan lancar.

Namun apakah Anda tahu siapa yang berhak mendapat salinan BAP? Ya, pada dasarnya dalam persidangan BAP hanya dapat diserahkan pada tersangka sebagai bentuk pembelaan. Tentu saja salinan dokumen ini akan dipegang oleh penasihat hukum atau pengacara tersangka.

Dengan adanya dokumen pembelaan, tersangka bisa mencari celah untuk lolos dari perkara. Hal ini sesuai dengan Pasal 72 KUHP dimana tersangka dan penasihat hukum berhak meminta salinan dokumen BAP. Fungsi lain dari salinan tersebut digunakan untuk penyidikan lebih lanjut.

Ketika terjadi perkara, semua pihak wajib memahami apa itu berita acara pemeriksaan baik itu tersangka, korban dan saksi. Dari keterangan yang ada di dalam dokumen tersebut, hakim dapat menentukan juga apakah tersangka benar-benar bersalah atau tidak untuk ke depannya.

Jika tersangka benar-benar dinyatakan bersalah, BAP akan dipegang oleh badan hukum sebagai penentu keputusan akhir. Setelah itu, tersangka bisa dikenakan hukuman sesuai peraturan yang berlaku. Selebihnya, BAP tidak bisa digunakan untuk pembelaan ketika keputusan sudah diambil.

Hal ini dikarenakan masa berlakunya yang hanya sampai keputusan diberikan. Jadi ketika sidang sudah berakhir dan hakim memberikan keputusannya, tersangka tidak dapat melakukan suatu pembelaan. Dengan begitu, fungsi BAP telah berakhir sebagai arsip utama pengadilan.

Membenarkan Fungsi Apa itu Berita Acara Pemeriksaan

Secara keseluruhan, Berita Acara Pernikahan membutuhkan tanda tangan pihak yang terkait agar sah dan dapat digunakan untuk keperluan hukum. Tanda tangan digunakan untuk menyetujui semua keterangan yang diberikan oleh saksi agar dokumen tentang kejadian perkara valid.

Tanda tangan BAP berisikan penyidik dari kepolisian, saksi dan tersangka dalam perkara. Berapa lama masa berlaku BAP sudah ditetapkan dalam Pasal 72 KUHP. Keterangan menyebutkan jika dokumen pengecekan perkara dibagi ke dalam 4 periode sebagai pendataan keterangan BAP.

Di dalam 4 periode masa berlaku pengecekan perkara, semuanya memiliki kualitas tergantung dari tingkat perkaranya. Keempat periode masa berlaku BAP di antaranya :

  1. 120 hari masa aktif dokumen untuk penyidikan perkara sangat sulit
  2. 90 hari masa aktif dokumen untuk penyidikan perkara sulit
  3. 60 hari masa aktif dokumen untuk penyidikan perkara sedang
  4. 30 hari masa aktif dokumen untuk penyidikan perkara mudah

Setiap kejadian perkara ditentukan dari permasalahan yang dihadapi oleh pihak terkait. Hal ini sesuai dengan langkah hukum jika dipaksa tanda tangan BAP untuk semua pihak. Dari jawaban saksi hingga pertanyaan yang diberikan, tanda tangan menjadi bukti validnya keterangan BAP.Tentunya pertanyaan perlu mengarah langsung ke dalam kejadian perkara. Saksi berhak menolak BAP jika pertanyaan yang diberikan mengandung unsur pertanyaan tidak penting. Oleh karena itu, saksi wajib mengetahui apa itu Berita Acara Pemeriksaan agar tidak ada kecurangan.

Konsultasikan Tanpa Ragu Dengan Justika, Jika Anda Masih Bingung

Anda bisa mengkonsultasikan perihal berita acara pemeriksaan dengan mitra advokat andal dan profesional Justika. Anda bisa memanfaatkan layanan hukum berbayar dari Justika.

Lawyer yang bergabung di Justika merupakan lawyer pilihan yang melalui proses rekrutmen yang cukup ketat dengan pengalaman paling sedikit, yaitu 5 tahun berkarir sebagai advokat.

Kini, konsultasi chat dengan advokat berpengalaman hanya mulai dari Rp. 30.000 saja. Dengan harga tersebut Anda sudah bisa mendapatkan solusi permasalahan hukum Anda dengan cara menceritakan permasalahan yang dihadapi melalui kolom chat. Nantinya sistem akan mencari advokat guna membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Untuk permasalahan yang membutuhkan solusi lebih lanjut, Anda bisa memanfaatkan layanan konsultasi telepon mulai dari Rp. 350.000 selama 30 menit atau Rp. 560.000 selama 60 menit.

Konsultasi tatap muka bisa dilakukan ketika Anda benar-benar membutuhkan saran secara langsung dari advokat terpercaya untuk kasus yang lebih rumit. Hanya dengan Rp. 2.200.000 saja, Anda sudah bisa bertemu secara langsung selama 2 jam untuk bertanya lebih dalam hingga menunjukkan dokumen-dokumen yang relevan untuk membantu permasalahan Anda.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.